Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
A8-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur:
(1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep,
teori dan perkembangan bidang manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah
pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau
multidisiplin; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan
Pancasila; (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam
konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
administrasi pendidikan. Matakuliah ini mengkaji secara teoritis dan praktis
bidang manajemen dari aspek sejarah
gerakan kualitas, konsep dan prinsip MMT, aplikasi konsep MMT untuk kemajuan
pendidikan, beberapa pendekatan dan model MMT untuk bidang pendidikan,
kepemimpinan dan tim kerja serta alat dan teknik MMT, perencanaan dan
pengembangan strategis untuk peningkatan mutu pendidikan, permasalahan dalam
sistem pendidikan dari segi MMT, dan kasus-kasus penerapan MMT pada bidang
pendidikan dan nonpendidikan.
Capaian Pembelajaran
- Memahami sejarah gerakan kualitas
- Memahami konsep dan teori Manajemen Mutu Terpadu (MMT)
- Memahami Model-model MMT yang diterapkan di bidang pendidikan
- Mampu mengaplikasikan konsep MMT untuk kemajuan pendidikan
- Memahami konsep kepemimpinan dan tim kerja untuk kualitas mutu pendidikan
- Terampil menggunakan Tools MMT untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan
- Mampu merancang perencanaan dan pengembangan strategis untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan
- Mampu melakukan studi kasus implementasi MMT pada bidang pendidikan dan non pendidikan
- Ujian
- Buku
- Jurnal
- Teacher: Achmad Supriyanto