Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
A8-AP
Deskripsi:

Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (3) Keterampilan, mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini mengkaji secara teoritis dan praktis bidang manajemen dari aspek sejarah gerakan kualitas, konsep dan prinsip MMT, aplikasi konsep MMT untuk kemajuan pendidikan, beberapa pendekatan dan model MMT untuk bidang pendidikan, kepemimpinan dan tim kerja serta alat dan teknik MMT, perencanaan dan pengembangan strategis untuk peningkatan mutu pendidikan, permasalahan dalam sistem pendidikan dari segi MMT, dan kasus-kasus penerapan MMT pada bidang pendidikan dan nonpendidikan.


Capaian Pembelajaran
  • Memahami sejarah gerakan kualitas
  • Memahami konsep dan teori Manajemen Mutu Terpadu (MMT)
  • Memahami Model-model MMT yang diterapkan di bidang pendidikan
  • Mampu mengaplikasikan konsep MMT untuk kemajuan pendidikan
  • Memahami konsep kepemimpinan dan tim kerja untuk kualitas mutu pendidikan
  • Terampil menggunakan Tools MMT untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan
  • Mampu merancang perencanaan dan pengembangan strategis untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan
  • Mampu melakukan studi kasus implementasi MMT pada bidang pendidikan dan non pendidikan
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Buku
  • Jurnal