Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
C8-PLB
Deskripsi:

Materi dalam perkuliahan ini meliputi hakikat dan konsep bimbingan konseling, teori- teori konseling, permasalahan dan hambatan yang dialami Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), pendekatan konseling rehabilitasi Anak Berkebutuhan Khusus, pengembangan layanan bimbingan konseling ABK


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh dan komprehensif terhadap hakikat, konsep, teori-terori dalam bimbingan konseling

  • Mahasiswa memiliki pemikiran kritis dalam menganailisa permasalahan-permasalahan maupun hambatan yang dialami ABK

  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh dan kemampuan menganalisa pendekatan dan Teknik konseling pada ABK

  • Mahasiswa memiliki keterampilan merancang dan mengembangkan teknik-tekinik layanan bimbingan konseling ABK

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Brammer, L. M., (1985) The Helping Relationship : prosesss and skill, New Jersey : Prentice Hall Inc.

  • Burk H.M., dan Stefflre Bufford (1979) Theories of counseling, New York:McGraw-Hill Book Company

  • Daniel T. Sciarra. (2014). School Counseling (Fondations and Contemporary Issues). Toronto, Canada: Thomson Brooks

  • Edi Purwanta. (2012) Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: FIP UNY

  • Thomson, C.L dan Rudolph, L.B. (1983), Counseling Children, California : Brooks/Cole Publishina Company.

  • Stewart, Jack C. (1986), Counseling Parent of Exceptional Children, MacMillan Publishing Company.

  • Thomson,C.L ; Rudolph, L.B.; dan Henderosn. D.A. (2004), Counseling Children, California : Brooks/Cole Publishing Company.

  • David Geldard, Kathryn Geldard (2001), Basic Personal Counseling, a training manual for Counsellor, Person Education Australia