Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
F-F
Deskripsi:
Konsep dasar dan prosedur evaluasi pendidikan; Prinsip dan metode penyusunan classroom test (Perencanaan test buatan guru, Penyusunan Test Benar-Salah, Penyusunan Test Multiple Choise, Penyusunan Test Essay); Teknik pengukuran ranah afektif dan psikomotorik; Teknik dan interpretasi hasil pengukuran; Analisis item tes (tingkat kesukaran dan daya beda); Reliabilitas dan validitas tes; Test terstandart; Penilaian versi Kurikulum 2013; Sofware untuk analisis test
Capaian Pembelajaran
1. Mahasiswa memahami berbagai konsep pengukuran dan penilaian pendidikan serta ruang lingkup evaluasi pendidikan sebagai bekal untuk merancang program evaluasi belajar siswa
2. Mahasiswa memahami berbagai metode dan prinsip-prinsip penyusunan classroom test untuk dapat mengkonstruksi instrument tes yang baik
3. Mahasiswa trampil mengkonstruksi tes buatan guru, True-Fals; Multiple choice; matching item, dan essay test yang memenuhi kriteria penulisan soal yang baik
4. Mahasiswa memahami berbagai teknik dan prinsip-prinsip pengukuran ranah afektif dan psikomotor untuk dapat merancang strategi dan instrument pengukuran ranah afektif dan psikomotor secara kreatif dan baik
5. Mahasiswa memiliki ketrampilan dalam memanfaatkan hasil pengukuran untuk pengambilan keputusan guna meningkatkan kualitas pembelajaran
6. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang karakteristik penilaian dalam Kurikulum 2013 versi Revisi 2017
7. Mahasiswa memiliki ketrampilan dalam menganalisis kualitas instrument hasil belajar siswa dan secara kreatif mampu menciptakan alat analisis instrument hasil belajar berbasis teknologi informasi
a. David A. Erlandson; James Mc Namara; Maryanne Mc Namara. 2018. Measurement and Evaluation: Strategies for School Improvement. Routledge, Taylor and Francis Group. New York
b. Douglas Pidgeon; Alfred Yates. 2018. An Introduction to Educational Measurement. Routledge, Revival
c. Permendikbud No 20, 22, 23 Tahun 2016 tentang SKL, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, dan tentang KI/KD Kurikulum 2013
d. Gilbert Sax. 1996. Principles of Educational and Psychological, Measurement and Evaluation. Wasington: An International Thomson Publishing Company
e. Granlund, Norman E. 2003. Assesment of Student Achievement. Seventh Edition. New York: A and B.
f. Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Penidikan. Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara Tim. 2003.
g. Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Psikomotor. Pascasarjana UNY.
- Pengajar: Endang Sri Andayani