Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
F-F
Deskripsi:

Matakuliah yang memandu mahasiswa untuk mampu beradaptasi, membaca peluang pasar, dan menyusun perencanaan bisnis secara kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan bekerjasama membangun jaringan kerja dengan stakeholder dan pasar secara simultan, serta mewujudkan bisnis dalam aktivasi produk/service development



Capaian Pembelajaran
  • merancang produk dan jasa berdasarkan prinsip dan etika desain
  • Strategi pemilihan produk dan jasa desain
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi secara personal dalam menginformasikan dan mempresentasikan karya Produk dan jasa yang dirancangnya.
  • Menggali ide perancangan produk dan jasa yang berbasis kearifan lokal
  • Menentukan gagasan dalam memecahkan masalah tentang bisnis produk dan jasa
Daftar Pustaka:
  • Beakley, George C.1974, Indtroduction Engeneering Design and Graphic, America: Printed ini the United States of America.

    Belch, George E & Michael A. Belch. 2011, Advertising and Promotion: An Integrated Markerting Communication Perpective, New York: Grawhill.

     

    Danger, E. P. 2002, Memilih Warna Kemasan, Jakarta: Pustaka Binama Presindo.

    Foley, John. 2006, Balanced Brand, San Francisco: Jossey Bass a Wiley Imprint.

    Frascara, Jorge. 2004, Communication Design: Principles, Methods, and Practice, New York: Allworth Press.

    Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, No. 368/Men.Kes/SK/IV/1994, tentang Pedoman Periklanan Obat Bebas, Obat Tradisional, Alat Kesehatan, Kosmetika, Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga, dan Makanan-Minuman.

    Klimchuk, Marianne Rosner & Sandra A. Krasovec. 2007, Desain Kemasan: Prencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan, Jakarta: Erlangga.

    Kotler, Philip & Gary Amstrong. 1997, Principle of Marketing (Seventh Edition), New Yersey: Prentice Hall Inc.

    Mangkunegara, A.A & Anwar Prabu. 2002, Perilaku Konsumen, Bandung: Refika Aditama.

    Moser, Mike. 2008, United We Brand: Menciptakan Merek Kohesif yang Dilihat, Didengar, dan Diingat, Jakarta: Esensi.

    Murphy, John and Michael Rowe. 1988, How to design trademarks and logos, Ohio: North Ligth book.

    Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, No. HK.00.05.55.6497 Tahun 2011, tentang Bahan Kemasan Pangan.

    Pirous, AD. 1989, Desain Grafis pada Kemasan dalam Buku Simposium Desain Grafis, Yogyakarta: Institut Seni Indonesia.

    Pujiyanto. 2016, Desain Kemasan Produk Persuasif, Malang: UM Press

    Simamora, Bilson. 2002, Aura Merek, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

    Suyanto, M. 2007, Marketing Strategy Top Brand Indonesia, Yogyakarta: Andi Offset.

    Swann, Alan. 1987, Basic design and layout, Oxford: Phaidon.

    Tjiptono, Fandy. 2005, Brand: Management & Strategy, Yogyakarta: Andi