Tahun Akademik:
Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:

Menjelaskan dasar-dasar tes dan pengukuran berdasarkan konsep dan teori yang relevan dengan bidang kajian, Mendeskripsikan syarat-syarat tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani dan keolahragaan serta penerapannya dalam pembelajaran Dikjas dan olahraga, Menguasai dan trampil melakukan berbagai jenis tes keterampilan dan teknik dalam pembelajaran Dikjas dan olahraga, Menganalisis berbagai hasil tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani dan keolargaan menggunakan berbagai macam teknik analisis yang relevan,


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menguasai C tes dan pengukuran Pendidikan Jasmani dan Olahraga

  • Mampu mengidentifikasi jenis tes dan pengukuran, serta menganalisis kesalahan-kesalahan tes dan pengukuran yang terjadi

  • Mampu menganalisis kriteria tes dan pengukuran yang baik

  • Mampu merancang petunjuk pelaksanaan tes dan pengukuran berbasis TIK yang kreatif dan inovatif, serta menerapkan dan menganalisis keefektifan penerapannya dalam pelaksanaan tes dan pengukuran

Daftar Pustaka:
  • Aragón, L. F. (2000). Evaluation of four vertical jump tests: Methodology, reliability, validity, and accuracy. Measurement in physical education and exercise science, 4(4), 215-228.

  • Tremblay, M., & Lloyd, M. (2010). Physical literacy measurement: The missing piece. Physical and Health Education Journal, 76(1), 26-30.

  • Tritschler, K. A. (Ed.). (2000). Barrow & McGee's practical measurement and assessment. Lippincott Williams & Wilkins.

  • Widiastuti, D., & Pd, M. (2011). Tes dan pengukuran olahraga. Jakarta: PT. Bumi Timur Jaya.

  • Baumgartner, T. A., & Jackson, A. S. (1998). Measurement for evaluation in physical education and exercise science (No. Ed. 6). WCB/McGraw-Hill.

  • Brown, L. E. (2002). Test and Measurement in Physical Education.

  • Lacy, A. C., & Williams, S. M. (2018). Measurement and evaluation in physical education and exercise science. Routledge.

  • McDowell, I. (2006). Measuring health: a guide to rating scales and questionnaires. Oxford University Press, USA.

  • Motl, R. W., Dishman, R. K., Saunders, R., Dowda, M., Felton, G., & Pate, R. R. (2001). Measuring enjoyment of physical activity in adolescent girls. American journal of preventive medicine, 21(2), 110-117.

  • Mulyono, B. (1999). Tes dan pengukuran dalam pendidikan Jasmani/Olahraga.

  • Powers, S. K., & Howley, E. T. (2007). Exercise physiology: Theory and application to fitness and performance.

  • Safrit, M. J., & Wood, T. M. (1995). Introduction to measurement in physical education and exercise science. William C. Brown.