Genap 2019/2020
Kelas-Offr:
L-L
Deskripsi:
Matakuliah praksis sosial berisi projek mahasiswa untuk bergotong royong bersama masyarakat dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat berbasis kearifan lokal. Secara khusus matakuliah ini berisi rumusan masalah spesifik yang dihadapi masyarakat tertentu, data tentang penyebab dan sumber untuk mengatasi masalah tersebut, alternatif pemecahan masalah, pilihan pemecahan masalah sebagai solusi yang paling layak untuk dilakukan, rencana tindakan, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan tindakan, dampak tindakan, evauasi, dan pelaporan/komunikasi.
Capaian Pembelajaran
Berperan serta dalam pemecahan masalah masyarakat melalui dialektika antara wawasan konseptual teoritik dengan realitas sosial berdasarkan kearifan lokal
Menerapkan prosedur: identifikasi masalah, pengumpulan data, penyusunan alternatif solusi, pemilihan solusi, peyusunan rencana aksi, penyadaran dan advokasi, pelaksanaan aksi, asesmen dan refleksi, dan pelaporan
Menggalang kolaborasi antara dosen pembimbing, mahasiswa, kelompok sosial, pemerintah dan/atau dunia usaha/industri dalam memecahkan masalah masyarakat
Berempati kepada warga masyarakat yang mengalami masalah masyarakat
Arif, S dan Adi Sasono. 2013. Indonesia Ketergantungan dan Keterbelakangan. Jakarta: Mizan.
Albert, H. 2004. Risalah Pemikiran Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budimansyah, Dasim. 2009. Inovasi Pembelajaran: Project Citizen. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pascasarjana, UPI.
Conyers, D. 1984. An Introduction to Social Planning in The Third World. New York: Jhon Wiley & Sons Ltd
Fernandes, W & Tandon, Rajesh. 1993. Riset Partisipatoris, Riset Pembebasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Habermas, J. 2006. Rasio dan Rasionalisasi Masyarakat. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Horkheimer, M dan Adorno, T.W. 2002. Dialektika Pencerahan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Jauy, M. 2005. Sejarah Mazhab Frankfut. Imajinasi Dialektis dalam Perkembangan Teori Kritis. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: Kritik Kebudayaan.
Kelner, D. 2003. Teori Sosial Radikal. Yogyakarta: Syarikat.
Margono. 2012. Model-model Pendidikan Nilai. Makalah disajikan dalam Lokakarya Silabus Jurusan Sejarah UM
Marcuse, H. 2004. Rasio dan Revolusi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
McCarthy, T. 2006. Teori Kritis Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Muhadjir, N. 2000. Kebijakan dan Perencanaan Sosial Pengembangan Sumber Daya Manusia: Telaah Cross Discipline. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Newmann, F.M. 1975. Education for Citizen Action. California: McCuthan Publishing.
Nugroho, H. 2000. Menumbuhkan Ide-ide Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Schram, Sanford F. 2012. Praxis for the Poor Piven and Cloward and the Future of Social Science in Social Welfare. New York and London: New York University Press
The world we want foundation. 2012. Creat the World You Want - A Social Action Project Guide.(Online)
Arif, S dan Adi Sasono. 2013. Indonesia Ketergantungan dan Keterbelakangan. Jakarta: Mizan.
- Pengajar: Alfi Sahrina