Genap 2018/2019
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Ruang lingkup Dasar-dasar sain: pengertian sains dan filsafat sains, perkembangan pola berfikir manusia, peranan sains terhadap perkembangan masyarakat, hakekat dan fungsi sains, anatomi sains, metode ilmiah, nilai-nilai dan keterbatsan sains, matematika sebagai sarana berfikir deduktif, statistik sebagai sarana berfikir induktif, sains dan teknologi, sains dan masa depan.
Capaian Pembelajaran
Menguasai dasar-dasar sains antara lain mampu membedakan proses sains dan non sains, metode induksi dan deduksi, memahami metode ilmiah, hirarki dan terminologi sains dan keterbatasannya sebagai pembentuk nilai-nilai kemanusiaan.
Menunjukkan nilai-nilai sains sebagai nilai-nilai kemanusiaan dengan perilaku mandiri, bertanggungjawab, kreatif, disiplin dalam kehidupan sosial kemasyarakatan yang beraneka ragam.
Viennot, L., 2004. Reasoning in Physics, The Part of Common Sense, Kluwer Academic Press, New York
McGrath, A. E.. 2001. A Scienctifc Theology, Vol. 1 Nature, T&T Clarck Co, Edinburgh, Scotland
Couvalis, G.,1997. The Phylosophy of Science and Objectivity, Sage Publication Ltd. New Delhi. India
Badii, R., Politii, A. 1997. Complexity, Hierarchical structures and scaling in physics, Cambridge U. P. Cambridge, UK
Wonorahardjo, S. 2010. Dasar-dasar Sains. Jakarta: PT Indeks.
- Teacher: Arif Hidayat