Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A8-PLB
Deskripsi:

Melalui perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dasar pengembangan bahan ajar, melakukan analisis pembelajaran, membuat peta struktur isi pelajaran, menentukan urutan isi bahan ajar, merumuskan tujuan umum dan khusus pembelajaran, menyusun alat evaluasi dan tugas latihan, mengembangan isi mata pelajaran/mata kuliah, merancang lay-out buku ajar dan mengevaluasi kelayakan buku/bahan ajar


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep bahan ajar bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

  • Mahasiswa memiliki kreatifitas dalam merancang dan menyusun bahan ajar bagi peserta didik berkebutuhan khusus

  • Mahasiswa memiliki pemikiran logis dalam mengevaluasi bahan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:
  • Ansyar, M. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta; Depdikbus, Ditjendikti, P2LPTK. Hal. 82-91.

  • Surachmad, W. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum untuk SPG. Jakarta:

  • Degeng, I. N. S. 1998. Belajar dan Pembelajaran. Malang: FIP IKIP.

  • Efendi, M. 2006. Pengembangan Kurikulum. Malang: FIP UM.

  • Kaber, A. 1988. Pengembangaan Kurikulum. Jakarta: P2LPTK Ditjendikti Depdikbud.

  • Mbulu, J., Suhartono, Sihkabuden. 1988. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: FIP IKIP.

  • Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

  • Sukamto. 1988. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: P2LPTK Ditjendikti Depdikbud.

  • Sukmadinata, N. S. 1988. Prinsip dan Landasan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: P2LPTK Ditjendikti Depdikbud.

  • Sumantri, M. 1988. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: P2LPTK Ditjendikti Depdikbud.