Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Matakuliah ini mengkaji tentang Konsep dasar perencanaan pembelajaran dan variabel-variabelnya, Kondisi pembelajaran, kaitannya dengan perencanaan pembelajaran, karakteristik metode, dan teknik pembelajaran, Karakteristik jenis-jenis pendekatan dalam pembelajaran, Analisis materi pembelajaran, Teknik-teknik evaluasi untuk mengukur hasil pembelajaran dalam perencanaan pembelajaran, Langkah-langkah dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran


Capaian Pembelajaran
  •   Memahami landasan filosofis dan pendekatan pembelajaran Kurikulum Persekolahan

  • Memahami konsep, prinsip serta kaidah penyusunan Perangkat Pembelajaran Geografi (Silabus, Prota-Promes, RPP, LKS, dan Alat Evaluasi) SMA/MA

  •   Trampil melakukan penyusunan Perangkat Pembelajaran Geografi (Silabus, Prota-Promes, RPP, LKS, dan Alat Evaluasi) SMA/MA

  •   Trampil menilai Perangkat Pembelajaran Geografi SMA/MA

Daftar Pustaka:
  • BSNP. Standar Proses Pembelajaran Nasional. Jakarta. 2007

  • Wahab, H, Abdul Aziz.2007. Metode dan Model Pemelajaran. Bandung. Alfabeta.

  • Madjid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung. Remaja Rosdakaya

  • Permendikbud RI Nomor 54 Tahun 2013 (No 20 tahun 2016) tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

  • Permendikbud RI Nomor 64 Tahun 2013 (No 21 tahun 2016) tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

  • Permendikbud RI Nomor 65 Tahun 2013 (No 22 tahun 2016) tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

  • Permendikbud RI Nomor 66 Tahun 2013 (No 23 tahun 2016) tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah

  • Permendikbud RI Nomor 68 Tahun 2013 (No 24 tahun 2016) tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah