Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1.         Hakikat strategi dan ruang lingkup pembelajaran: a) ciri, b) komponen, c) posisi strategi belajar mengajar dalam teori belajar, pendekatan pembelajaran, dan sebagai model pembelajaran.

2.         a. Karakteristik strategi belajar mengajar sains (model pembelajaran sains)

b. Contoh mode-model pembelajaran sains: model siklus belajar, model problem-based learning (PBL), model-model belajar kooperatif, model pembelajaran science-technology-society (STS), model direct instruction.

3.         Model.model pembelajaran konvensional (pembelajaran berbasis pengetahuan): directinstruction, pembe1ajaran dengan teks

4.         a. Hakikat pembelajaran berbasis konstruktivisme/kontekstual

b. Model-model pembelajaran: model siklus belajar, PBL, model STS/SETS, model-model belajar kooperatif

5.         a. Metodik khusus pembelajaran sains: ekspositori, discovery-inquiry, problem solving.

b. Teknik -teknik khusus dalam pembelajaran sains: eksperimen, demonstrasi, permainan/ simulasi, belajar di luar kelas, diskusi, tanya-jawab, dan ceramah.

6.         Media pembelajaran: kerucut pengalaman belajar, macam-macam media pembelajaran sains.

7.         Motivasi belajar: belajar kompetitif, belajar individual, dan belajar kooperatif

8.         Pengelolaan kelas/laboratorium: pengaturan ruang, letak dan posisi meja/kursi belajar, media pembelajaran

9.         Pengajaran remedial: belajar tuntas, diagnosis kesulitan belajar, pengajaran perbaikan/pengayaan.

Kriteria pemilihan strategi belajar mengajar: Pendekatan pembelajaran, karakter dan perkembangan peserta didik, karakter bahan ajar, kondisi lingkungan belajar, fasilitas sekolah.
Capaian Pembelajaran
  • Mendeskripsikan isu terkini terkait dengan kehidupan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan abad 21

  • Mendeskripsikan isu terkini terkait dengan kehidupan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan abad 21

  • Merancang pembelajaran biologi berdasarkan berlandaskan filosofi yang disarankan kurikulum yang berlaku.

  • Merancang pembelajaran biologi berdasarkan berlandaskan filosofi yang disarankan kurikulum yang berlaku.

  • Menganalisis permasalahan nyata kesulitan belajar biologi yang terjadi di sekolah

  • Menganalisis permasalahan nyata kesulitan belajar biologi yang terjadi di sekolah

  • Menentukan solusi atas permasalahan nyata yang ditemui di sekolah berdasarkan teori dan pengalaman praktis

  • Menentukan solusi atas permasalahan nyata yang ditemui di sekolah berdasarkan teori dan pengalaman praktis

Daftar Pustaka:
  • Indriwati, S.E. 2007. Pengaruh Strategi Project Base Learning dan Tingkat Kemampuan Akademik Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kecakapan Hidup Mahasiswa. Disertasi: UM. Tidak diterbitkan.

  • Louisell, R.D. and Descamp, J. 1992. Developing of Teaching Style.

  • Martin, R. et all. 1997. Science Teaching for All Children. Boston: Allyn and Bacon.

  • Partomisastro, K. dan Hadisuparto, D. 1984. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar.

  • Permen Dikbud RI No. 69 Tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMA/ MA

  • Permen Dikbud RI No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian

  • Permen Dikbud RI No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses

  • Richardson, J.S. 1957. Science Teaching in Secondary Schools. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

  • Susanto, P. 1999. Strategi Belajar Mengajar Biologi Sekolah Menengah. Malang: Tidak diterbitkan.

  • Susanto, P. 2002. Perbaikan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pembelajaran Berbasis Kontekstual: Disajikan dalam Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi SLTP Kota Malang di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang, 16 November 2002. Malang: Universitas Negeri Malang-FMIPA-Jurusan Biologi.

  • Susanto, P. 2004. Pembelajaran Kostruktivis dan Kontekstual sebagai Pendekatan dan metodologi Pembelajaran sains dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004): Seminar dan Workshop Calon Fasilitator Kolaborasi FDMIPA – MGMP MIPA Kota Malang dengan Tema Peningkatan Pendidikan Matematika dan Sains melalui Penerapan paradigma Pembelajaran Konstruktivistik. Malang: Universitas Negeri Malang – FMIPA.

  • Susanto, P. 2006. Petunjuk Teknis Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Pendidikan Biologi. Malang: UPT PPL UM

  • Indriwati, S.E. 1999. Media Pembelajaran Biologi. IKIP Malang: Tidak diterbitkan.

  • Arends, R.I. 2004. Learning to Teach, Sixth Edition. Boston: McGraw Hill.

  • Barba, R.H. 1995. Science in the Multicultural Classroom. Boston: Allyn and Bacon.

  • Crain, W. 1992. Theories of Development. Englewood Cliffs: Printce-Hall.

  • Delisle, R. 1997. How to Use Problem-based Learning in the Classroom.Alexandria: ASCD.

  • Depdiknas. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 5 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta.

  • Heinich. 1982. Intructional Media and New Technologies of Instruction. New York: John Willey and Sons.

  • Indriwati, S.E. 2010. Mengaktifkan Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang-FMIPA-Jurusan Biologi.