Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A9-TEP
Deskripsi:
Pokok-pokok bahasan:
(1) Hakikat sosial budaya: Konsep-konsep dasar dalam landasan sosiologi dan antropologi pendidikan
(2) Konsep-konsep dasar sosiologi dan antropologi yang terkait dengan unsur dan sistem bimbingan dan konseling: nilai sosial budaya dalam pengelolaan program BK dalam implementasinya sehari-hari di sekolah: (a) pada struktur dan (pemegang) otoritas sekolah serta konselor; (b) pada konseli dan keluarganya; (c) pada interaksional antarsejawat.
(3) Aspek social dan antropologi.
(4) Aplikasi pemahaman tentang aspek sosial budaya terhadap perilaku problematik maupun nonproblematik pada unsur-unsur dalam bimbingan dan konseling
(5) Pendidikan dan Perubahan Sosial
(6) Proses Sosialisasi dalam Sektor Pendidikan Formal
(7) Pendidikan an Stratifikasi Sosial .
(8) Struktur Dan Hubungan Peranan Dalam Kelas.
(9) Perkembangan Kepribadian Dalam Konteks Sosial
Capaian Pembelajaran
Menguasai konsep rasional dan tujuan sosioantropologi dalam mempelajari masyarakat dan kebudayaan
Menguasai peristiwa, fakta, konsep dan teori tentang masyarakat
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Menguasai konsep lembaga, interaksi, dan norma masyarakat dan kebudayaan
- Teacher: Eka Pramono Adi