Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A8-PAUD
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
Memahami konsep dan prinsip perkembangan kognitif AUD
Memahami karakterisik perkembangan kecakapan dan bentuk aktivitas kognitif AUD.
Memahami proses terkonstruksinya jenis-jenis kecakapan kognitif (meta kognisi) anak usia dinI
Memahami prinsip dan prosedur pemilihan media belajar untuk pengembangan kognitif AUD.
Memahami komponen-komponen mikro strategi pengembangan kognitif AUD.
Mampu menganalisis isi kurikulum, bidang pengemabangan kognitif AUD.
Terampil melakukan perancangan kegiatan pengembangan kognitif AUD.
Terampil melakukan perencanaan dan pelaksanaan evaluasi perkembangan kognitif AUD.
Memahami manfaat kemajuan IPTEKS dalam pengembangan potensi AUD.
Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan lingkungan.
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Bekerja sama dan memiliki kepedulian sosial dan lingkungan
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
Anghileri, Julia. 2006. ”Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning”. Dalam Journal of Mathematics Teacher Education (2006)
Reigeluth, Charles M. 1978
Cobb,Yackel & Wood.1992.”A Constructivist Alternative to The Representational View of Mind in Mathematics Education”. Dalam Journal for Research in Mathematics Education. Vol.23. No.1 January 1992. hal. 2-33 .
Coppeland, R. W. 1980. How Children Learn Mathematics, An Implication of Piaget Research Toronto, Philadhelpia ,Hold Rinhard Book Inc
Davis. 1996. "One Very Complete View (Though Only One) of How Children Learn Mathematics " Dalam Journal for Research in Mathematics Education Vol.27. No.1 January 1996. hal. 100-106
De Lange, J. 1996. “Using Applying Mathematics in Education: Dalam International Handbook of Mathematics Education, Part One, Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2013. Jakarta.
Forman, A. A. (2003). A socio-cultural approach to mathematics reform: Speaking,inscribing, and doing mathematics within communities of practice. In J. Kilpatrick (Ed.), A research companion to Principles and Standards for School Mathematics (pp. 333–352). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Gravemeijer. 1994. Developing Realictics Mathematics Education. Utrecht: CD-b Press/Freudenthal Institute
Hudodjo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang
- Teacher: TUMARDI TUMARDI