Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
C9-PLS
Deskripsi:
Konsep tentang keluarga sebagai institusi sosial dan pendidikan: peran, fungsi, kompeten, prinsip-prinsip dan interaksinya. Permasalahan-permasalahan dan peran keluarga dalam pendidikan, serta revitalisasi pendidikan keluarga dalam era globalisasi.
Capaian Pembelajaran
  • kontrak belajar
  • Mampu menelaah konsep dasar keluarga
  • Mampu menelaah hakikat pendidikan keluarga
  • Mampu menelaah teori-teori pendidikan keluarga
  • Mampu menelaah metode pendidikan keluarga
  • Mampu menerapkan pelaksanaan pendidikan keluarga
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Ahid, N. 2010. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Brooks, Jane B. 2001. Parenting 3rd Edition. USA: Mayfield Publishing Company
  • Djamarah, S. B. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Hurlock, E. B. 2004. Perkembangan Anak. Jilid I. Jakarta: Erlangga.
  • Balswik, J. & Pipper, B. D. 2012. Sukses Membesarkan Anak dengan Pemberdayaan Hubunga (Terjemahan). Tangerang: Karishma Publishing Group.
  • Koerner & Fitzpatrick. 2002. Toward a Theory of Family Communication. University of Minnesota & University of Winconsin.