Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
C8-PAUD
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dan prinsip perkembangan kognitif AUD

  • Memahami karakterisik perkembangan kecakapan dan bentuk aktivitas kognitif AUD.

  •   Memahami proses terkonstruksinya jenis-jenis kecakapan kognitif (meta kognisi) anak usia dinI

  •  Memahami prinsip dan prosedur pemilihan media belajar untuk pengembangan kognitif AUD.

  • Memahami komponen-komponen mikro strategi pengembangan kognitif AUD.

  • Mampu menganalisis isi kurikulum, bidang pengemabangan kognitif AUD.

  • Terampil melakukan perancangan kegiatan pengembangan kognitif AUD.

  • Terampil melakukan perencanaan dan pelaksanaan evaluasi perkembangan kognitif AUD.

  • Memahami manfaat kemajuan IPTEKS dalam pengembangan potensi AUD.

  • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan lingkungan.

  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

  • Bekerja sama dan memiliki kepedulian sosial dan lingkungan

  •  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

  •  Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

Daftar Pustaka:
  •  Anghileri, Julia. 2006. ”Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning”. Dalam Journal of Mathematics Teacher Education (2006)

  • Reigeluth, Charles M. 1978

  •   Cobb,Yackel & Wood.1992.”A Constructivist Alternative to The Representational View of Mind in Mathematics Education”. Dalam Journal for Research in Mathematics Education. Vol.23. No.1 January 1992. hal. 2-33 .


  • Coppeland, R. W.  1980. How Children Learn Mathematics, An Implication of Piaget Research Toronto, Philadhelpia ,Hold Rinhard Book Inc

  •  Davis. 1996. "One Very Complete View (Though Only One) of How Children Learn Mathematics " Dalam Journal for Research in Mathematics Education Vol.27. No.1 January 1996. hal. 100-106

  •  De Lange, J. 1996. “Using Applying Mathematics in Education: Dalam International Handbook of Mathematics Education, Part One, Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

  • Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2013. Jakarta.

  • Forman, A. A. (2003). A socio-cultural approach to mathematics reform: Speaking,inscribing, and doing mathematics within communities of practice. In J. Kilpatrick (Ed.), A research companion to Principles and Standards for School Mathematics (pp. 333–352). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

  • Gravemeijer. 1994. Developing Realictics Mathematics Education. Utrecht: CD-b Press/Freudenthal Institute

  • Hudodjo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang