Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Pengenalan evaluasi proses dan hasil belajar, kedudukan evaluasi dalam pendidikan, hubungan antara evaluasi dan Capaian Pembelajaran/Learning Outcome:, evaluasi dengan teknik tes, evaluasi dengan teknik non tes, penilaian ranah kognitif, ranah psikomotor, ranah afektif, pengolahan biji menjadi nilai, analisis tes, Asesmen Autentik, Asesmen Kinerja, Portofolio, dan Asesmen Alternatif.


Capaian Pembelajaran
  • Memahami kedudukan dan peran evaluasi dalam pembelajaran
  • Memahami kedudukan dan peran evaluasi dalam pembelajaran
  • Mampu memahami evaluasi kognitif-afektif-psikomotorik
  • Mampu memahami evaluasi kognitif-afektif-psikomotorik
  • Mampu merumuskan indikator kompetensi-indikator soal-soal dan tujuan pembelajaran
  • Mampu merumuskan indikator kompetensi-indikator soal-soal dan tujuan pembelajaran
  • Mampu membuat soal obyektif dan subyektif
  • Mampu membuat soal obyektif dan subyektif
  • Mampu mengolah biji menjadi nilai
  • Mampu mengolah biji menjadi nilai
  • Memahami validasi logis dan empirik
  • Memahami validasi logis dan empirik
Daftar Pustaka:
  • Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

  • Permendikbud Th. 2016 No. 023 Ttg. Standar Penilaian.pdf

  • Sunarmi dan Triastono. 2016. Asesmen dan Evaluasi. Malang: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Proyek Peningkatan Manajemen Pendidikan Tinggi , Departemen Pedidikan Nasional

  • Collins, Angelo. 1992. Portofolio for Science Education: Isusess In Purpose, Structure and Authenticity. Science Education 76 (4): 451-463

  • Dave, R. H. 1967. Taxonomy of Educational Objectives and Achievment Test. London: University of London Press

  • Depdiknas, 2014. Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Sikap: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

  • Handayani, 2016. Pengembangan Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Plantae untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Lawang. Universitas Negeri Malang

  • Ibrohim, Muslimin. 2002. Asesmen Alternatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

  • Kardi, Suparman. 2004. Tujuan Pembelajaran. Makalah Pelatihan Dosen untuk Mengembangkan Kemampuan Self Regulated Learning Mahasiswa. Jurusan Biologi: FMIPA UM

  • Mohammad Nur, Prima Retno Wikadari. 1998. Pendekatan-pendekatan Konstruktivistik dalam Pembelajaran Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya

  • Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Psikomotor. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menenga. 2014