Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:

1) Kurikulum;  tujuan dan SKL IPA SMP, identifikasi permasalahan pembelajaran IPA, 2) Strategi pembelajaran; prinsip-prinsip pembelajaran IPA terpadu, karakteristik pembelajaran IPA terpadu, pendekatan dan metode pembelajaran IPA, model pembelajaran IPA terpadu (K-2013), 3) Rancangan pembelajaran; Jenis keterpaduan materi (integrated, connected, share, webbed), pengembangan indicator pembelajaran IPKD, 4) Bahan ajar; peta konsep esensial berdasarkan KD IPA SMP


Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep pembelajaran IPA secara terpadu sesuai Kurikulum 2013
  • Menganalisis konsep-konsep dasar IPA sekolah pada jenjang pendidikan dasar (Fisika, Kimia, Biologi dan IPBA)

  • Terampil menyusun rencana pembelajaran IPA secara terpadu dengan mengimplementasikan berbagai model pemaduan

  • Terampil mempraktikkan rancangan pembelajaran IPA terpadu

  • Menganalisis masalah dan menemukan alternatif solusi dalam pengembangan pembelajaran IPA secara terpadu di sekolah

Daftar Pustaka:
  • Chiappetta, E. L. & Koballa, T. R. 2014. Science Instruction in the Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skills (8th edition). New York: Allyn & Bacon

  • Joyce, B. R. & Weil, M. 2009. Models of Teaching (8th edition). New York: Allyn & Bacon.

  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  • Marzano, R. J., Frontier, T. & Livingston, D. 2011. Effective Supervision Supporting the Art and Science of Teaching. Alexandria, Virginia: ASCD.


  • Martinello, M. L. 2000. Interdisciplinary Inquiry in Teaching and Learning. New York: Prentice Hall.