Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
1) Kurikulum; tujuan dan SKL IPA SMP, identifikasi
permasalahan pembelajaran IPA, 2) Strategi pembelajaran; prinsip-prinsip
pembelajaran IPA terpadu, karakteristik pembelajaran IPA terpadu, pendekatan
dan metode pembelajaran IPA, model pembelajaran IPA terpadu (K-2013), 3) Rancangan pembelajaran; Jenis
keterpaduan materi (integrated,
connected, share, webbed), pengembangan indicator pembelajaran IPKD, 4) Bahan ajar; peta konsep esensial
berdasarkan KD IPA SMP
Capaian Pembelajaran
- Memahami konsep pembelajaran IPA secara terpadu sesuai Kurikulum 2013
Menganalisis konsep-konsep dasar IPA sekolah pada jenjang pendidikan dasar (Fisika, Kimia, Biologi dan IPBA)
Terampil menyusun rencana pembelajaran IPA secara terpadu dengan mengimplementasikan berbagai model pemaduan
Terampil mempraktikkan rancangan pembelajaran IPA terpadu
Menganalisis masalah dan menemukan alternatif solusi dalam pengembangan pembelajaran IPA secara terpadu di sekolah
Chiappetta, E. L. & Koballa, T. R. 2014. Science Instruction in the Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skills (8th edition). New York: Allyn & Bacon
Joyce, B. R. & Weil, M. 2009. Models of Teaching (8th edition). New York: Allyn & Bacon.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marzano, R. J., Frontier, T. & Livingston, D. 2011. Effective Supervision Supporting the Art and Science of Teaching. Alexandria, Virginia: ASCD.
Martinello, M. L. 2000. Interdisciplinary Inquiry in Teaching and Learning. New York: Prentice Hall.
- Teacher: Sugiyanto , S.Pd, M.Si