Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas: Konsep dasar bahan ajar dan media pembelajaran, karakteristik bahan ajar dan media pembelajaran, jenis-jenis bahan ajar dan media pembelajaran, fungsi bahan ajar dan media pembelajaran, keunggulan dan keterbatasan bahan ajar dan media pembelajaran, analisis kurikulum Ekonomi SMA (meliputi: analisis kompetensi inti dan kompetensi dasar, perumusan tujuan dan indikator pembelajaran), analisis instruksional (meliputi: pengertian, struktur perilaku, identifikasi perilaku dan karakteristik awal siswa), dan pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran ekonomi. Setelah mempelajari materi-materi tersebut, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan bahan ajar berbentuk modul untuk matapelajaran Ekonomi SMA dan media pembelajaran ekonomi yang berbasis pada perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu memahami dan terampil dalam mengaplikasikan konsep dasar, prinsip, prosedur pengembangan bahan & media pembelajaran Ekonomi
Mahasiswa mampu memahami dan terampil dalam menganalisis kurikulum Ekonomi SMA, baik secara sendiri maupun bersama-sama/ terintegrasi dengan tepat
Mahasiswa mampu mengembangkan bahan dan media pembelajaran ekonomi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia
Permendikbud No.20, 21, 22, 23, 24 Tahun 2016
Setyosari, P., Sihkabuden. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas
Sharon, E. Smaldino, dkk, (2008) “Instructional Technology and Media for Learning”, Ninth Edition, Pearson/Prentice Hall, New Jersey, USA
Heinich, R.,dkk (2001) Instructional Media and Technologies for Learning (7th Edition). Prentice Hall, New Jersey, USA
Musfiqon. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran
Soekartawi. 2007. Merancang dan Menyelenggarakan E-Learning. Yogyakarta: Ardana Media
Murtiyasa, B., 2006, Pemanfaatan TIK untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Surakarta : MUP
- Teacher: Syahrul Munir, S.Pd., M.Pd