Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
LL-LL
Deskripsi:
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan
pengalaman kepada mahasiswa tentang cara mengelola bisnis start up. Prasyarat
untuk mengikuti matakuliah ini adalah telah menempuh matakuliah Kewirausahaan.
Materi yang dibahas pada matakuliah ini meliputi konsep dasar bisnis startup. Prospek
bisnis startup di era digital. Berbagai model bisnis startup, segmentasi dan
jenis produk yang dijual. Product Life Cycles (PLC). E-commerce. Strategi
pemasaran berbasis tekhnologi. Strategi promosi dan e-word of mouth. Menghitung
Harga Pokok Penjualan (HPP), harga jual, dan Break Even Point (BEP). Manajemen
keuangan pada bisnis startup. Manajemen operasional UKM (5M- man, money,
material, market, methods, plus machine). Tagihan matakuliah ini di akhir
semester berupa rencana pengembangan bisnis jangka pendek dan jangka panjang
Capaian Pembelajaran
Mampu mendeskripsikan jenis dan karakteristik bisnis startup
Mampu menganalisa segmen pasar dan model bisnis startup
Mampu merumuskan strategi pemasaran berbasis teknologi
Mampu menerapkan manajemen keuangan (permodalan) pada bisnis startup
Mampu menerapkan manajemen sumberdaya manusia pada bisnis startup
Start Up Guidebook: Panduan Memulai Startup Bisnis yang harus Kamu Tahu. Penerbit: Anak Hebat Indonesia
Hendry E. Ramdhan. 2016. Startup Business Model. Penerbit Penebar Plus
Restituta Ajeng Arjanti & Reney Lendy Mosal. 2012. Startup, Indonesia. Penerbit Kompas
Thomas W. Zimmerer and Norman Scarborough. 2013. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prehallindo
Jay Conrad Levinson. 2017. Guerilla Marketing. PLP Book
Gm Susanto. 2017. The Power of Digital Marketing. Elex Media Komputidno
Stoney deGeyter. 2014. The Best Damn Web Marketing Checklist, Period! Velocitized Media, Uniontown, Ohio 44685
- Pengajar: Rachmad Hidayat