Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A9-AP
Deskripsi:

Matakuliah ini memuat unsur-unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang model dasar, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam manajemen pendidikan; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (3) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang administrasi pendidikan. Matakuliah ini membahas tentang dasar, tujuan, prinsip, teknik hubungan masyarakat, konsep dasar pemasaran jasa pendidikan, optimalisasi peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, cara mengelola kegiatan hubungan masyarakat dan pemasaran jasa pendidikan, dan cara berhubungan dan bernegosiasi dengan orang lain berdasarkan prinsip kehumasan. Perkuliahan dilakukan secara tatap muka, praktek komunikasi dengan praktisi kehumasan, observasi kehumasan di lembaga pendidikan, dan di media publikasi, dilanjutkan dengan pembahasannya.


Capaian Pembelajaran
  • Memahami konsep dasar manajemen humas, teknik pelaksanaan pelaksanaan humas, dan proses manajemen humas

  • Terampil membuat program kehumasan, menganalisis teknik-teknik humas, mengevaluasi pelaksanaan program humas

  • Mampu menganalisis permasalahan humas dan menentukan alternatif pemecahannya

  • Ujian

Daftar Pustaka:
  • Direktorat Tenaga Kependidikan. 2007. Manajemen Hubungan Sekolah danMasyarakat dalam Pemberdayaan Masyarakat. Bahan Pendidikan dan Pelatihan bagi Kepala Sekolah Pendidikan Dasar. Jakarta: Ditjen PMPTK Depdiknas.

    Gestwicki, Carol. 2015. Home, School, and Community Relations. Boston: Cengage Learning.

    Indrafachrudi, Soekarto. 1994. Bagaimana Mengakrabkan Sekolah dengan Orang Tua Murid dan Masyarakat. Malang: Penerbit IKIP MALANG.

    Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah

    Kowalski, Theodore J. 2010. Public Relations in Schools. New Jersey: Prentice Hall.

    Lockhart, Johanna. 2010. How to Market Your School: A Guide to Marketing, Communication, and Public Relations for School Administrators. New York: R&L Education.

    Olsen, Glenn William & Fuller, Mary Lou. 2008. Home-school Relations: Working Successfully with Parents and Families. Boston: Pearson/Allyn and Bacon.

    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.