Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Melalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasi Pendekatan, Strategi, Model, Metode pembelajaran yang inovatif dengan pengkajian mendalam serta memanfaatkan ipteks guna mendesain pembelajaran yang inovatif dalam rangka pemecahan masalah Pembelajaran Geografi, Pembelajaran Geografi Abad 21, Teori dan konsep pembelajaran Abad 21, Pendekatan, strategi, metode, model, sumber belajar, media, dan penilaian pembelajaran geografi abad 21.


Capaian Pembelajaran
  • MMampu memahami konsep, proses dan strategi inovasi pembelajaran


  • Mampu memahami pembelajaran geografi abad 21

  • Mampu memahami kompetensi dalam pembelajaran abad 21

  • Merancang secara inovatif pembelajaran geografi dengan pendekatan saintifik dan kooperatif serta memanfaatkan teknologi geospasial

  • Mampu menerapkan pembelajaran yang inovatif di dalam bentuk RPP

Daftar Pustaka:
  • Anderson, L. W. and David R. Krathwohl, D. R., et al. 2000. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon

  • Arends, R. I. 2007. Learning to Teach, Seventh Edition, New York: McGraw Hill.

  • Teaching Models. Eggen, P.D. & Kauchak, D.P. 1996. Strategies for teachers, 3rd Ed., Singapore: Allyn and Bacon

  • Gultom, S. 2013. Peran guru pada implementasi kurikulum 2013, Bahan presentasi sosialisasi kurikulum 2013 di Nusa Tenggara Barat, Kemdikbud

  • Amir, M Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

  • Danim, Sudarwan. (2002). Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

  • DePorter, Bobbi & Hernacky Mike. (2005). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan