Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
LL-LL
Deskripsi:

Matakuliah ini menuntun mahasiswa memiliki wawasan, pengetahuan dan kompetensi dalam melakukan penelitian khususnya dalam penelitian bidang pendidikan sebagai dasar dalam pengembangan keolmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja di bidang pendidikan maupun non kependidikan. Membahas mengenai hakekat peneltian pendidikan yang meliputi pengertian penelitian pendidikan, untuk apa penelitian dilakaukan, kriteria penelitian dan langkah-langkah di dalam melakukan kegiatan penelitian pendidikan. Selanjutnya dibahas pemilihan pengembangan alat pengambil data atau instrumen, penyusunan rancangan penelitian, penarikan sampel, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, interprestasi hasil penelitian dan penyusunan laporan hasil penelitian pendidikan


Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman komprehensif tentang penelitian baik dalam bidang pendidikan maupun non kependidikan

  • Terampil dalam membuat perencanaan penelitian baik dalam bidang pendidikan maupun non kependidikan

Daftar Pustaka:
  • James H. McMillan & Sally Schumaccer, (2001). Research in Education A Conceptual Introduction, By Addision Wesley Longman, Inc

  • Cholid Narbuko, Abu Achmadi, (2010). Metodologi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta

  • Jonathan Sarwono, (2010). Mixed Methods, Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar. PT Elex Media Komputindo,Jakarta

  • Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Alfabeta, Bandung

  •  ________, (2011). Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung

  • Sukardi, (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya, Bumi Aksara

  • Wina Sanjaya, (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur, Kencana Prenada Media Group, Jakarta

  • Universitas Negeri Malang, (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang