Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Konsep dasar
evaluasi; pengertian pengukuran dan penilaian, serta evaluasi; tujuan dan
prinsip-prinsip penilaian, karakteristik penilaian PPKn, langkah-langkah
penilaian hasil belajar; ketuntasan belajar; penilaian berkelanjutan, sistem
penilaian kelas; teknik asesment otentik dan ciri-ciri asesmen otentik,
instrumen penilaian dalam bentuk test dan nontest; penilaian sikap; penilaian
diri, penilaian unjuk kerja, penilaian projek; penilaian produk, penilaian
portofolio; tabel spesifikasi soal, pelaporan hasil belajar dan penentuan
ketuntasan belajar.
Capaian Pembelajaran
Memahami landasan teoritik tentang evaluasi dan penilaian pembelajaran PPKn
Memahami landasan teoritik tentang evaluasi dan penilaian pembelajaran PPKn
Memahami kebijakan negara terkait tentang evaluasi dan penilaian pembelajaran PPKn
Memahami kebijakan negara terkait tentang evaluasi dan penilaian pembelajaran PPKn
Mempraktekkan kegiatan evaluasi pembelajaran PPKn berdasarkan teori dan kebijakan terkini
Mempraktekkan kegiatan evaluasi pembelajaran PPKn berdasarkan teori dan kebijakan terkini
Depdiknas, 2004, Silabus dan Sistem Penilaian Mata Pelajaran PKn.Jakarta: Depdiknas.
Coribima, Duran, 2008, Assesment Outhentic, Malang: UM Press
Haris, Abdul, 2008, Evaluasi Pembelajaran Bidang Studi, Jakarta: Multi Presindo
Peratuaran Pemerintah No 19 tahun 2005
Permendiknas No 22 tahun 2006: Standar Isi
- Pengajar: Nur Wahyu Rochmadi Dr. , M.Pd, M.Si