Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
P-P
Deskripsi:

Standar kompetensi yang yang ingin dicapai oleh matakuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami prinsip, konsep dan manajemen pemasaran internasional dalam menganalisis berbagai alternatif pilihan strategi perusahaan dalam membuat keputusan memasuki pasar internasional. Untuk mencapai standar kompetensi tersebut, materi esensial yang disajikan antara lain: Pengantar Pemasaran Internasional; Perencanaan Pemasaran Internaional; Lingkungan Pemasaran Internasional; Riset dan Sistem Informasi Pemasaran Internasional; Strategi Pemasaran Internasional;  Mementukan Pemasok dan Rantai Nilai; Strategi Memasuki Pasar Internasional; Analisis dan Strategi Persaingan; Strategi Kemitraan Internaional; Produk Global; Penentuan Harga Produk Global; Saluran Distribusi Internasional; Komunikasi pemasaran internasional; dan ekspor dan impor.


Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman yang komprehensip tentang konsep manajemen pemasaran internasional sesuai dengan perkembangan bisnis internasional yang berorientasi pada persaingan pasar internasional

  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dinamika kondisi lingkungan internal dan eksternal organisasi untuk strategi bersaing memasuki dan meningkatkan posisi di pasar internasional

  • Mahasiswa dapat menganalisis permasalahan perencanaan, pengorganisasian dan implementasi serta pengendalian pemasaran internasional

  • Mahasiswa trampil merancang strategi pemasaran internasional sesuai kondisi lingkungan internal dan eksternal organisasi dalam menghadapi persaingan pasar internasional

Daftar Pustaka:
  • Cateora, Philip R. & Graham, John L. 2007. International Marketing. McGraw-Hill/Irwin,

  • Keegan, Warren J. & Green, Mark C. 2009. Global Marketing. Prentice Hall.

  • Kotabe, Masaaki & Helsen, Kristian. 2015. Global Marketing Management. John Wiley & Sons.

  • Cannon & PeRreault. 2008. Basic Marketing 16e: A Global Managerial Approach. McGraw-Hill.

  • H. David Hennessey & Kate Gillespie. 2010. Global Marketing. Cengage South-Western.

  • Kiefer Lee & Steve Carter. 2009. Global Marketing Management. Oxford University Press.

  • E-Learning: wayanweb.wordpress.com.