Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
EE-EE
Deskripsi:

Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri dan mengetahui tentang: (1) bahasa visual sebagai media komunikasi, (2) mengetahui implementasi bahasi visual sebagai ikonografi, indexical, dan sign system ke dalam infografis, (3) menghasilkan produk karya melalui tahapan-tahapan dari dasar sampai menjadi suatu konsep yang kompleks, dan (4) menghasilkan dihasilkan karya desain yang kreatif


Capaian Pembelajaran
  • Menentukan gagasan dalam memecahkan masalah tentang bahasa visual.

  • Menggali ide ikonografi, indexical, dan sign system yang memiliki fungsi sebagai informasi, komunikasi, dan promosi..

  • Merancang grafik lingkungan berdasarkan unsur dan prinsip desain berdasarkan etika perancangan.

  •   Memiliki kemampuan berkomunikasi secara personal dalam menginformasikan dan mempresentasikan karya grafis lingkungan yang dirancangnya.

Daftar Pustaka:
  • Sumbo Tinarbuko.2009, Semiotika Komunikasi Visual, yogyakarta: Jalasutra.

    Yasraf Amir Piliang. 2012, Semiotika dan Hipersemiotika, Jakarta: Serambi.

    Tim Infografik Kompas. 2014, Indonesia dalam Infografik, Jakarta: Kompas.

    Jason Lankow, Josh Ritchie, Ross Crooks. 2014, Infographics: The Power of Visual Storytelling, New Jersey: John Willey & Sons.

    Chris Calori, David Vanden-Eynden. 2015, Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems, New Jersey: John Willey & Sons.

    Chris Calori, David Vanden-Eynden. 2007, Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems, New Jersey: John Willey & Sons.