Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
K-K
Deskripsi:

Mata kuliah ini membahas kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yanq relavan dalam proses pengambilan keputusan konsumen secara terpadu dalam strategi pemasaran. Berbagai pendekatan multidisiplin dikembangkan: psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian mulai dari faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan kelompok rujukan. Sedangkan dari faktor internal akan dibahas faktor sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep teoritis perilaku konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen.

  • Memahami factor yang mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen

  • Memahami proses pengambilan keputusan pembelian

  •  Menjalankan konsep perilaku konsumen dalam strategi produk, strategi promosi, strategi penetapan harga, dan strategi saluran serta e-commerce

  • Memahami perilaku konsumen dalam hubungannya dengan segmen pasar, targeting dan positioning.

Daftar Pustaka:
  • Assael, H. 2004. Consumer Behavior: A Strategic Approach. Boston: Houghton Mifflin Company

  • Peter J. Paul & Olson, Jerry C. 2014. Consumer Behavior & Marketing Strategy. Asia : Mc Graw- Hill Education

  • Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Education

  • Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia