Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Konsep gender, teori-teori gender, teknik analisis gender, analisis gender dalam pelayanan kesehatan, budaya dan pengaruhnya terhadap gender, diskriminasi gender, hubungan
gender dengan sosialisasi, stratifikasi, pendidikan, dan pekerjaan, dan isu-isu gender dalam kesehatan reproduksi (AKI, AKB, LGBT, Pernikahan dini, Kontrasepsi, IMS dan HIV).


Capaian Pembelajaran
  • Mampu mendeskripsikan konsep gender, mengidentifikasi dan menganalisis faktor yang berhubungan dengan gender

  • Mampu mengidentifikasikan faktor penyebab diskriminasi gender, menganalisis situasi diskriminasi gender dan mengkorelasikan hubungan diskriminasi gender dengan permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat

Daftar Pustaka:
  • Handayani,T dan Sugiarti. 2002. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang

  • Fakih .M 1996. Analisir Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

  • UNFPA, Kantor Meneg Pemberdayaan Perempuan RI, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, 2001. Bahan Pembelajaran Pelatihan Pengarusutamaan Gender Bidang Kesehatan Reproduksi dan Kependudukan. Buku 02. Jakarta

  • WHO. 2005. The World Health Report 2005: Make every mother and child count. Geneva: World Health Organization.

  • Cook RJ, Dickens BM, Fathalla MF. 2003. Reproductive health and human rights: integrating medicine, ethics and law. New York, US: Oxford University Press Inc

  • March C, Smyth IA, Mukhopadhyay M. 2005. A guide to gender-analysis frameworks. UK: Oxfam GB

  • Leach FE. 2003. Practising gender analysis in education. UK: Oxfam GB