Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Konsep gender, teori-teori gender, teknik analisis gender, analisis gender dalam pelayanan kesehatan, budaya dan pengaruhnya terhadap gender, diskriminasi gender, hubungan
gender dengan sosialisasi, stratifikasi, pendidikan, dan pekerjaan, dan isu-isu gender dalam kesehatan reproduksi (AKI, AKB, LGBT, Pernikahan dini, Kontrasepsi, IMS dan HIV).
Capaian Pembelajaran
Mampu mendeskripsikan konsep gender, mengidentifikasi dan menganalisis faktor yang berhubungan dengan gender
Mampu mengidentifikasikan faktor penyebab diskriminasi gender, menganalisis situasi diskriminasi gender dan mengkorelasikan hubungan diskriminasi gender dengan permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat
Handayani,T dan Sugiarti. 2002. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang
Fakih .M 1996. Analisir Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
UNFPA, Kantor Meneg Pemberdayaan Perempuan RI, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, 2001. Bahan Pembelajaran Pelatihan Pengarusutamaan Gender Bidang Kesehatan Reproduksi dan Kependudukan. Buku 02. Jakarta
WHO. 2005. The World Health Report 2005: Make every mother and child count. Geneva: World Health Organization.
Cook RJ, Dickens BM, Fathalla MF. 2003. Reproductive health and human rights: integrating medicine, ethics and law. New York, US: Oxford University Press Inc
March C, Smyth IA, Mukhopadhyay M. 2005. A guide to gender-analysis frameworks. UK: Oxfam GB
Leach FE. 2003. Practising gender analysis in education. UK: Oxfam GB
- Teacher: Dhian Kartikasari