Profesi Keguruan PAUD
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
B8-B8
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian tentang hakikat guru; kompetensi guru PAUD yang profesional dan efektif; penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam program pembinaan dan pengembangan guru PAUD yang profesional; sikap, etika, dan moral sebagai guru PAUD yang profesional, menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan sebagai guru PAUD profesional; mengkaji pengetahuan tentang guru PAUD profesional melalui observasi di lembaga PAUD.
Capaian Pembelajaran
Menguasai paradigma profesi keguruan yang meliputi konsep guru, karakteristik Guru sebagai Profesi, Tugas, Kewajiban dan Hak Guru sebagai Profesi, serta organisasi guru
Memiliki kemampuan menganalisis kompetensi guru PAUD profesional dan efektif.
Memiliki kemampuan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam program pembinaan dan pengembangan profesi guru PAUD.
Memiliki sikap, moral dan etika sebagai guru PAUD yang profesional .
Terampil menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan sebagai guru PAUD profesional.
Terampil mengkaji pengetahuan tentang guru PAUD profesional melalui observasi guru di lembaga PAUD
UTS
UAS
DePorter, Bobbi. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Permendikbud 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
Djumiran. 2009. Pendidikan Profesi Guru untuk Mahasiswa PGSD. Jakarta: Depdiknas, Ditjendikti.
Hosnan, M. 2016. Etika Profesi Pendidik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hosnan, M. 2016. Etika Profesi Pendidik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kosasih, R. 2010. Pendidikan Profesi Keguruan. Bandung: Rineka Cipta
Iriyanto, Tomas. Pengembangan Profesi Pendidik PAUD. Malang. Prodi PG PAUD FIP UM (Dana Hibah Prodi)
Irwanto Nur & Suryana Yusuf. 2016. Kompetensi Pedagogik. Surabaya: Genta Group Production.
Kaufeldt, Martha. 2008. Wahai Para Guru, Ubahlah Cara Mengajarmu. Jakarta: Indeks
Parkay, W. Forrest. 2011. Menjadi Seorang Guru. Jakarta: Indeks.
- Teacher: Tomas Iriyanto
- Enrolled students: 29