Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Matakuliah ini berisi  uraian tentang hakikat, prinsip, rasional, landasan filosofis dan yuridis pengembangan kurikulum, komponen kurikulum, serta karakteristik dan pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, SKL, KI, dan KD Mapel Bahasa dan Sastra Indonesia yang sedang berlaku, teknik penyusunan program tahunan, semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).


Capaian Pembelajaran
  • 4.1 Menguasai hakikat, prinsip, rasional, landasan filosofis dan yuridis pengembangan kurikulum, komponen kurikulum, serta karakteristik dan pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk memetakan isi kurikulum bahasa sastra Indonesia secara tekstual dan kontekstual.

  • 4.2 Membandingkan beragam kurikulum yang berlaku di Indonesia dari waktu ke waktu untuk mem-berikan wawasan yang utuh dan menyeluruh beragam penyempurnaan dan inovasi dalam pengembangan kurikulum.

  • 4.3 Menelaah isi kurikulum bahasa sastra Indonesia agar dapat merancang, melaksanakan, meng-evaluasi, dan mengkreasi kegiatan dalam bentuk desain pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif, inovatif.

  • 4.4 Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk menghasilkan desain pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang inovatif.

Daftar Pustaka:
  • 1.     Kemdikbud. 2016. Permendikbud No. 20, 21, 22,23,24  Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan, Standar isi, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

  • 2.     Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.


  • 3.     Priyatni, Endah Tri. 2016. Modul Pengembangan Kurikulum. Materi PLPG 2016. Malang: Universitas Negeri Malang.


  • 4.     Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2018. Konsep Kurikulum 2013-Integrasi Gerakan Literasi Sekolah dan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdikbud.


  • 5.     Kemendikbud-Direktorat Jenderal Pembinaan SMP. 2017. Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdikbud.


  • 6.     Kemendikbud-Direktorat Jenderal Pembinaan SMP. 2017. Panduan Pengelolaan Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdikbud.


  • 7.     Kemendikbud-Direktorat Jenderal Pembinaan SMP. 2017. Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdikbud.


  • 8.     Priyatni, Endah Tri. 2014. Landasan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tidak Diterbitkan.