Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
C8-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian konsep dan teori terkait kapita selekta pendidikan informal secara kontekstual dan komprehensif, sehingga mampu membekali mahasiswa untuk memperoleh kompetensi dalam: (1) menguasai konsep dan landasan pendidikan informal; (2) memahami nilai strategis pendidikan informal dalam sistem pendidikan nasional; (3) menemukenali ragam dan karakteristik pendidikan informal di masyarakat; (4) menemukenali peran pendidikan informal dalam pengembangan masyarakat; (5) menemukenali peran pendidikan informal dalam pengembangan karir atau pekerjaan; (6) mengidentifikasi karakteristik dan fenomena pendidikan informal pada masyarakat desa dan kota; (7) menganalisis permasalahan dan tantangan pendidikan informal di era millenial; dan (8) menjelaskan peran teknologi informasi dalam pendidikan informal, serta mampu mendesain sebuah program edukatif yang mencerminkan peran pendidikan informal dalam memecahkan berbagai permasalahan di masyarakat
Capaian Pembelajaran
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
C8-PLS
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian konsep dan teori terkait kapita selekta pendidikan informal secara kontekstual dan komprehensif, sehingga mampu membekali mahasiswa untuk memperoleh kompetensi dalam: (1) menguasai konsep dan landasan pendidikan informal; (2) memahami nilai strategis pendidikan informal dalam sistem pendidikan nasional; (3) menemukenali ragam dan karakteristik pendidikan informal di masyarakat; (4) menemukenali peran pendidikan informal dalam pengembangan masyarakat; (5) menemukenali peran pendidikan informal dalam pengembangan karir atau pekerjaan; (6) mengidentifikasi karakteristik dan fenomena pendidikan informal pada masyarakat desa dan kota; (7) menganalisis permasalahan dan tantangan pendidikan informal di era millenial; dan (8) menjelaskan peran teknologi informasi dalam pendidikan informal, serta mampu mendesain sebuah program edukatif yang mencerminkan peran pendidikan informal dalam memecahkan berbagai permasalahan di masyarakat
Capaian Pembelajaran
- Kontrak Belajar
- Mahasiswa mampu memahami konsep dan landasan pendidikan informal secara komprehensif dan kontekstual
- Mahasiswa memahami nilai strategis dan kedudukan pendidikan informal dalam supra sistem dan sistem pendidikan nasional
- Mahasiswa memiliki keterampilan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai tantangan dan permasalahan pendidikan informal di masyarakat dalam perspektif teoritis dan empiris
- Mahasiswa memiliki sikap positif dan karakter baik untuk mengikuti pembelajaran
- Ujian
- Dewantara, K.H.1962. Pendidikan (Kumpulan Karangan). Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa
- UNESCO. 2011. Parenting Education Guidebook. Bangkok
- Undang-undang RI no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara
- Gordon, R.. 2017. Millenials and Future of Work. Finance and Development
- Nicholas, A.. 2008. Millenial Attitudes Toward Books and e-Book. Salve Regina niversity
- Ornstein, A.C. & Levine, D.U.2008. Foundations of Education. 10th Ed. Boston: Houghton Mifflin Company
- Redding, S., Marlyn, M., Pam, S., (eds). 2011. Handbook on Family and Community Engagement. USA: Academic Devel Institute.
- Singh, M. Lifelong Learning: Creating Conducive environments for adult learning in the Asian Context. Germany:UNESCO
- Stainley, M. 2016. A Millenials Guide to Life and Money: Graduating College: A Whole New World. Canada
- Smith, J., Chuan, A.K, Kris, D.P, Priscilla, W. 2015. Family Engagement in Education: Seven Principles for Success. USA:California
- Tirtaraharja, Umar & La Sula. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rieka Cipta
- Teacher: R. Anggia Listyaningrum
- Teacher: Zulkarnain Nasution