Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
C8-C8
Deskripsi:
Mata kuliah ini berisi materi tentang teori dasar bermain, karakteristik kegiatan bermain pada anak usia dini, berbagai jenis kegiatan bermai nbai ktradisional maupun moder, serta mengembangkan kegiatan bermain sesuia dengan karakteristik usia anak
Capaian Pembelajaran
Menguasai dasar-dasar teori bermain
Mampu menganalisis tahapan bermain yang sesuai dengan usia anak
Menguasai berbagai jenis permainan baik tradisional maupun modern.
Terampil dalam merancang kegiatan bermain serta permainan yang sesuai dengan karakteristik usia anak
Terampil merancang kegiatan belajar berbasis permainan dan kegiatan bermain untuk mengembangkan bidang pengembangan AUD
UAS
Bergen, D. Stages of Play Development. In David Fernie (1994). Understanding Preschool Play. Columbus: The Ohio State University.
Silberg Jackie.2004. Brain Games for Toddlers. Jakarta:Erlangga
Broadhead, Pat, et al. 2017. Bermain dan Belajar pada Usia Dini. Jakarta:Indekks
Dockett, S. dan Fleer, M. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood: Bending the Rules. Sydney: Harcourt.
Tedjasaputra, M.S. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainanuntuk Pendidikan AnakUsia Dini. Jakarta: Grasindo
Cohen, David.2006. The Development of Play. New York: Rotledge
Essa, E.L. 2003. Introduction to Early Childhood Education. Canada: Thomson Delmar Learning Inc
Singer, Golinkoff, dan Hirsh-Pasek. 2006. Play Learning: How Play Motivates and Enhances Children’s Cognitive and Social Emotional Growth. New York: Oxford University Press.
- Szymanski, M.M. dan Neuborne,E. 2004. Toy Tips: A Parent’s Essential Guide to Smart Toy Choise. San Francisco: Jossey-Bass
Wortham, S.C. 2005. Assesment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.
- Teacher: Munaisra Ningsih