Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
I-I
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan mendeskripsikan tentang sains, sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains
  • Menjelaskan, dan mencari sumber-sumber dan metodologi pencarian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivisme, empirisme, sintesis, pandangan-pandangan modern (Rasionalisme kritis, Popper, Kontekstualisme, Kuhn)
  • Memahami kebenaran ilmiah, membedakan hukum dan teori serta menerapkan hukum dan teori untuk prediksi ilmiah
  • Memahami konteks ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di masa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sains
  • Menerapkan sains di masyarakat yang meliputi masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Teknologi-Masyarakat
Daftar Pustaka:
  • Wonorahardjo, S. 2009. Dasar-Dasar Sains, Menciptakan Masyarakat Sadar Sains, Indeks.
  • Suriasumantri, J. S. 1999. Ilmu dalam Perspektif, Yayasan Obor Indonesia.
  • Chalmers, A.F. 1982. What is This Thing Called Science?, St. Lucia:.University of Queensland Press
  • Darmodjo, H. 1986. Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Penerbit Karunika-UniversitasTerbuka.
  • Gie, T. L. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Penerbit Liberty.
  • Keraf S. & Dua, M. 2001. Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius.
  • Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan, Jakarta: LP3ES.
  • Kuhn, T.S. 1996. The Structure of Scientific Revolutions, London: The University of Chicago Press.
  • Leahy, L. H. 2002. Manusia, Dari Pengetahuan ke Kebijaksanaan, Yogyakarta: Kanisius.
  • Soetomo, G.. 1995. Sains dan Problem Ketuhanan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.