Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A2C-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Teknologi Pendidikan merupakan matakuliah yang memiliki konten pengetahuan keuilmuan Teknologi Pendidikan. Keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan keilmuan yang mendasari untuk menciptakan, menggunakan, mengakses (assess) dan mengelola aplikasi dan implementasi Teknologi Pendidikan dalam bidang pembelajaran secara teoritik. Secara teoritis keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan konstruksi pengambangan, pemanfaatan, pengelolaan dan dan bagaimana mengevaluasi secara teoritis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara faktual, konseptual dan prosedural terhadap keilmuan Teknologi Pendidikan
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mengkontruksi pengetahuan berbagai pendekatan sistem, pemilihan sumberdaya yang terkandung dalam keilmuan teknologi pendidikan, bagaimana secara keilmuan melakukan evaluasi dan pengelolaan yang terkait dengan memfasilitasi belajar dan peningkatan performa.
  • Mahasiswa memiliki sikap menghargai keilmuan teknologi pendidikan, kepekaan terhadap masyarakat sebagai lingkungan belajar dalam etika akademik yang responsif dan adaptif
  • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis dan inovatif terhadap kemandirian berpikir dan bertanggung jawab baik secara pribadi maupun secara berkelompok, sehingga secara khusus mampu mengeimplementasikan pengetahuan secara efektif dan sesuai etika profesi Teknologi Pendidikan.
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.
  • Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.
  • Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., ... & Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang