Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji kompetensi mengenai perancangan bisnis, memilih bentuk kepemilikan bisnis, social corporate responsibility dalam bisnis, lingkungan bisnis, manajemen bisnis yang efektif, pengelolaan SDM, pemasaran bisnis, serta studi kasus praktek pelaksanaan bisnis pada dunia usaha dan/atau industri.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai konsep teoritis pengantar bisnis dan cakupan ilmu pengantar bisnis.
  • 2. Memahami etika bisnis dan tanggung jawab sosial
  • 3. Mengembangkan ide bisnis dan berwirausaha
  • 4. Memahami pengorganisasian dan kepemilikan perusahaan serta pengambilan keputusan bisnis
  • 5. Memahami manajemen SDM, Produksi/operasi, keuangan serta pemasaran dalam bisnis
  • 6. Memahami pengembangan dan penetapan harga, distribusi dan promosi produk
Daftar Pustaka:
  • Griffin, R.W dan Ebert R.J. (2015) “Business Essential”, Pearson Education. Inc
  • Pride, W.M., (2015), “Introduction to Business”. Cengage Learning
  • Basu Swastha D, Ibnu Sutkojo W. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty
  • Madura, Jeff. Pengantar Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.0
  • Alma, Buchori, Pengantar Bisnis, Bandung, Penerbit Alfabeta
  • Sumarni, Murti, John Soeprihanto, Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan), Yogyakarta, Penerbit Liberty