Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
C93-C93
Deskripsi:
Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa konsep tentang tujuan dan fungsi Pendidikan Agama Buddha, serta isi kitab suci Tripitaka. Matakuliah ini juga mengajarkan mahasiswa untuk memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai positif sejarah perkembangan agama Buddha dan menghormati agama lain sesuai prinsip-prinsip etika moral (catur paramitha). Selain itu, matakuliah ini mengajarkan mahasiswa menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang diajarkan Sang Buddha serta mengembangkan penghayatan ajaran agama melalui praktik keagamaan (athasila).
Capaian Pembelajaran
  • menganalisis tujuan dan fungsi Pendidikan Agama Buddha dalam membentuk karakter dan memiliki budi pekerti yang luhur
  • menganalisis isi dari kitab suci Tripitaka sebagai sumber ajaran agama Buddha
  • menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai positif sejarah perkembangan Agama Buddha Nusantara maupun Buddha di dunia
  • menunjukkan sikap dan perilaku menghormati agama lain didasari ajaran cinta kasih sesuai prinsip-prinsip etika moral (catur paramitha)
  • menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang diajarkan oleh Sang Buddha (Dasa Raja Dhamma)
  • mengembangkan penghayatan ajaran agama melalui praktek keagamaan (athasila)
Daftar Pustaka:
  • Kirthisinghe, Buddhadasa P. 1995. Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan
  • Materi Kuliah Sejarah Perkembangan Agama Buddha. 2003. Jakarta: Dewi Kayana Abadi.
  • Diputhesa, Oka. 2010. Sutta Pittaka Dhiga Nikaya. Jakarta: Danau Batur
  • Tjeng Ing, M. William. 2002. Kamus Sanskrit Inggris Indonesia. Jakarta: Lembaga Penerjemah Kitab Suci Tripitaka
  • Bodhi, Bhikku. 2009. Tripitaka: Tematik Sabda Buddha dalam Kitab Suci Pali Kaharudin.
  • Pandit Jinaratana PERVITUB I. 2004. Rangkaian Dhamma.
  • Dhammananda, Sri Karaniya. 2004. Keyakinan Umat Buddha