Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan proses kognitif yang berkaitan dengan pemerolehan dan produksi bahasa pada manusia.
  • Mahasiswa mampu membedakan proses terjadinya pemerolehan bahasa pertama dan bahasa kedua, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses tersebut, seperti faktor biologis dan lingkungan.
Daftar Pustaka:
  • Adh-Dhab’, Tsana’. 2013. Ta’allum Al-Mafahim Allughawiyyah wa Addiniyyah laday Al-Athfal. Al-Qahirah: Darul Fikr Al-Arabi.
  • شمس الدين، جلال. 2012. علم اللغة النفسي مناهجه ونطرياته وقضاياه. الاسكندرية: مؤسسة الثقافة الجامعية
  • يعقوب، إميل بديع. 1986. فقه اللغة العربية وخصائصها. بيروت: دار العلم للملايين
  • Ansa, Muhammad Ahmad Qasim. Muqaddimah fi Sikulujiyatul Lughah.
  • Dardjowidjojo, Soenjono. 1997. Echa: Perkembangan Bahasa Anak Indonesia: Dua Belas – Dua Puluh Empat Bulan. PELLBA 10. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  • Dardjowidjojo, Soenjono. 2012. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.
  • Djiwatampu, Meithy. 1997. Peranan Ingatan Kerja dalam Membaca. PELLBA 10. Yogyakarta: Kanisius.
  • Kweldju, Siusana. 1997. Perkembangan Dimensi Fungsional Awal Keberwacanaan Tulis Anak: Sebuah Studi Kasus. PELLBA 10. Yogyakarta: Kanisius.
  • Manshur, Abdul Majid Said Ahmad. 1982. Ilmu Al-Lughah An-Nafsi. Riyadh: Jamiah Al-Malik Saud.
  • Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Perkembangan Bahasa Anak: Dari Lahir Sampai Masa Prasekolah. PELLBA 3. Yogyakarta: Kanisius.
  • عبد العزيز بن إبراهيم العصيلي 2006 علم اللغة النفسي. المملكة العربية الشعودية: جامعة الأمام محمد بن سعود الإسلامية