Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
S-S
Deskripsi:
Matakuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan setelah mahasiswa lulus menempuh matakuliah Manajemen Pemasaran. Isu yang dibahas dalam matakuliah ini meliputi pengkajian market driven strategy di dalam Organisasi Pemasaran; bagaimana strategi keunggulan bersaing yang tepat bagi sebuah organisasi pemasaran agar mampu menjaga eksistensi di tengah persaingan yang ketat; pengkajian kepuasan pelanggan dan mutu produk; penganalisisan pasar; strategi segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran dan positioning; strategi relationship; perencanaan produk baru; strategi produk dan pelayanan pelanggan, strategi penetapan harga; strategi promosi, strategi distribusi; dan implementasi dan pengendalian strategi pemasaran
Capaian Pembelajaran
  • -Mahasiswa memahami konsep Pemasaran Stratejik yang berorientasi pada pasar dan pesaing -Mahasiswa dapat menganalisis kondisi internal environment dan external environment organisasi
  • -Mahasiswa dapat menganalisis kondisi internal environment dan external environment organisasi
  • -Mahasiswa dapat menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan sebuah organisasi
  • -Mahasiswa dapat merancang strategi pemasaran sesuai kondisi internal environment dan external environment organisasi
  • -Mahasiswa dapat membuat konsep pengendalian dan evaluasi strategi pemasaran
Daftar Pustaka:
  • Cravens, David W, 1996, Pemasaran Strategis, Alih Bahasa Lina Salim, Jilid 1, PT Erlangga -Cravens, David W, 1996, Pemasaran Strategis, Alih Bahasa Lina Salim, Jilid 2, PT Erlangga Rujukan Pendukung -Tjiptono, F. G, Chandra. D, Adriana, 2008, Pemasaran Strategik, Penerbit Andi -Tjiptono, F, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, Penerbit Andi -Dhewi, Titis S, 2014, Strategi Pemasaran untuk Keunggulan Bersaing, Bayumedia Publishing