Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
EE-EE
Deskripsi:
Tinjaun perkembangan desain dari masa pra modern, modern, dan postmodern dan implikasinya terhadap perkembangan sains, teknologi, ekonomi, social, historis, dan budaya di wilayah Eropa, Amerika,Timur Tengah, Asia Timur, Oceana, dan Indonesia.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Memahami manfaat mempelajari matakuliah tinjauan desain untuk menyelesaikan permasalahan desain.
  • 2. Mampu menelaah artefak desain pada masa dunia kuno dari aspek teknologi, sosial, sumber daya alam, dan budaya di wilayah Eropa, Korea, Jepang, Amerika, Timur Tengah, Afrika, Oceana, India, China, dan Indonesia.
  • 3. Mampu menelaah style desain yang muncul pada masa modern yang dipengaruhi aspek perkembangan sains, teknologi, ekonomi, social, dan historis di wilayah Eropa dan Amerika.
  • 4. Mampu menelaah style desain yang muncul pada masa postmodern yang dipengaruhi aspek perkembangan sains, teknologi, ekonomi, social, dan historis di wilayah Eropa dan Amerika.
  • 5. Mampu menelaah artefak desain dari wilayah Timur Tengah, India, China, Korea, Jepang, dan Indonesia yang mempunyai dampak implikasi terhadap aspek budaya, ekonomi, social, teknologi, sains, dan historis.
  • 6. Mampu menalaah artefak dan implikasi desain nasional terhadap pembangunan nasional
Daftar Pustaka:
  • 1. Adityawan, Arief. 2010. Tinjauan Desain Grafis: dari Revolusi Industri Hingga Indonesia Kini. Jakarta: PT ConCept Media 2. Ali, Matius. 2011. Estetika. Sanggar Luxor. 3. Kartika, Dharsono Sony., Perwira, Nanang Ganda. 2004. Pengantar Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. 4. Kardinata, Hanny. 2015. Desain Grafis Indonesia Dalam Pusaran Dunia. Jakarta: ADGI 5. Phaidon. The Chinese of Art Book. New York: Phaidon. 2013. 6. Sachari, A., Sunarya, Y. Y. 2002. Sejarah dan Perkembangan Desain & Dunia Kesenirupaan di Indonesia. Bandung : Penerbit ITB 7. Widagdo. 2005. Desain dan Kebudayaan. Bandung : Penerbit ITB 8. Wells, Frederick. 1897. A History of China. Indoliterasi.