Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Konsep dasar filsafat ilmu pendidikan; sistematika filsafat ontologi, epistemologi dan aksiologi; ragam aliran filsafat yang mempengaruhi perkembangan ilmu Pendidikan mulai dari aliran realisme, idealisme, positivisme, pragmatism, progresivisme, perenialisme, behaviorisme, konitivisme, humanisme, dan konstrktivisme; etika keilmuan dan kedudukannya dalam filsafat; dan penerapan filsafat dan etika keilmuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis konsep dasar filsafat ilmu untuk mengembangkan kecakapan berpikir logis dan kritis dengan desain argumentasi yang terstuktur dengan baik dan benar
  • Mampu menganalisis dan menjelskan hakikkat ilmu dan pengetahuan ilmiah serta peran filsafat dalam pengembangan ilmu dengan menggunakan kecakapan berpikir logis dan kritis
  • Mampu menganalisis secara cermat dan teliti ragam aliran filsafat yang mempengaruhi perkembangan ilmu Pendidikan, mulai dari aliran realisme, idealisme, positivisme, pragmatism, progresivisme, perenialisme, behaviorisme, konitivisme, humanisme, dan konstrktivisme
  • Mampu menganalisis etika keilmuan yang digunakan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara bertanggungjawab
  • Terampil menerapkan prinsip-prinsip filsafat dan etika keilmuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan menggunakan sistematika filsafat ontologi, epistemologi dan aksiologi.
Daftar Pustaka:
  • Bertens. K. 1990. Bioetika. Jakarta: PT Gramedia Jakarta
  • Fondizi., R. 1963. What is Value. Open Court Publishing Company
  • Godfrey-Smith, 2013. P. Theory and Reality: An Introduction to the Philosophy of Science (Science and Its Conceptual Foundations series) 1st Edition. The University of Chicago
  • Huizinga, J. 1990. Homo Ludens. Jakarta: LP3ES
  • Iphofen, R. 2020. Handbook of Research Ethics and Scientific Integrity. Springer International Publishing
  • Kuhn, T.S.2002. The Structure of Scientific of Revolutions. Bandung: Rosdakarya
  • Popper.K.1992. Epistemologi Pemecahan Maasalah. Jakarta: Gramedia
  • Rosenberg, A. 2012. Philosophy of Science: A Contemporary Introduction (Routledge Contemporary Introductions to Philosophy). 3rd Edition. Taylor & Francis
  • Samawi,A.2019. Filsafat Pendidikan di Era Digital. Malang: UM Press