Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
FF-FF
Deskripsi:
Mata kuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa agar mampu mengungkapkan gagasan lisan dan tulis, serta melakukan penulisan ilmiah bidang seni dan desain secara mandiri sebagai medium berkomunikasi ilmiah. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (a) memahami prosedur penulisan karya ilmiah; (b) mengaplikasikan prosedur penulisan karya ilmiah dalam penulisan makalah, artikel, maupun laporan hasil kajian seni dan desain; (c) menganalisis dan menghargai berbagai jenis karya tulis ilmiah.
Capaian Pembelajaran
  • mahasiswa memiliki pengetahuan dan mampu menjelaskan tentang pengertian dan fungsi karya ilmiah
  • Mahasiswa mengetahui tahap penyusunan karya ilmiah, sistematika skripsi, sistematika artikel, makalah, dan laporan penelitian
  • Mahasiswa mengetahui teknik penulisan karya ilmiah, penyajian, cara merujuk dan cara menulis daftar rujukan serta penulisan tabel, penyajian gambar,grafik dan pembuatan skema.
Daftar Pustaka:
  • Ramli. (2015). Implementasi Riset Dalam Pengembangan Higher Order Thinking Skills Pada Pendidikan Sains. In Seminar Nasional Pendidikan Sains V (pp. 6–17). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/172168-ID-implementasi-risetdalam-pengembangan-hi.pdf Rofiah, A, & Sunarno. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis High Order Thinking Skill ( Hots ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP / MTS. Inkuiri, 4, 82–91. [Online, Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?q=related:4vh62idpwM8J:scholar.google.com/&hl=id&as_sdt=0,5 Sabar, & Maureen. (2013). Pengembangan Modul Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan. Fip Unesa, 1(2), 1–13. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Winarno. S. & Sarwanto. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis High Order Thinking Skill ( HOTS ). Jurnal Inkuiri, 4(I), 82–91. [Online, Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains]