Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
A-20AC
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  • 1) Mendeskripsikan definisi dan ruang lingkup gizi dan diit
  • 2) Menjawab/mengemukakan pendapat dengan alasan-alasan (argue) hubungan makanan dan kesehatan dari aspek fisik, mental dan sosial
  • 3) Menganalisis bahan makanan, zat makanan dan penggolongan fungsi zat makanan
  • 4) Menjelaskan urutan proses yang dialami bahan makanan
  • 5) Menganalisis kebutuhan gizi sesuai kelompok umur menggunakan standar kecukupan
  • 6) Gizi/AKG dan penggunaan pedoman umum gizi seimbang (PUGS)
  • 7) Menggunakan daftar komposisi bahan makanan dan daftar bahan makanan penukar dalam menentukan kebutuhan gizi
  • 8) Menganalisis kebutuhan gizi khusus (kalori, protein, lemak dan karbohidrat) untuk setiap individu berdasarkan umur, jenis kelamin, kegiatan, dan keadaan individu dalam kondisi sehat dan sakit
Daftar Pustaka:
  • (1) Arisman,. 2004. Gizi Dalam Daur Kehidupan.. Jakarta: penerbit buku kedokteran. ECG.
  • (10) Silalahi, Jansen. 2006. Makanan Fungsional.Yogyakarta: Kanisius
  • (11) Supariasa, IDN dkk. 2002. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran ECG.
  • (2) Almatsier, Sunita. 2004. Penuntun diet. Instalasi Gizi Perjan RS Dr. Cipto Mangunkusumo dan Asosiasi Ditesien Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  • (3) Krause. Tanpa tahun. Food Nutrition and Diet Theraphy. W.B. Saunders: Philadelphia
  • (4) Persatuan Ahli Gizi.2009. Tabel Komposisi Pangan Indonesia. Jakarta: penerbit PT Elex Media Komputindo
  • (5) Sediaoetama, A.D. 2008. Ilmu Gizi Untuk Mahasiswa Dan Profesi. Jilid 1. Jakarta: PT Dian Rakyat
  • (6) Sediaoetama, A.D. 2008. Ilmu Gizi Untuk Mahasiswa Dan Profesi. Jilid 2. Jakarta: PT dian rakyat
  • (7) Krebs, Charles. 2006. Nutrisi Tepat Otak Optimal. Jakarta: PT Buana Ilmu Popular
  • (8) Kartasapoetra & Marsetyo. 2003. Ilmu Gizi Korelasi Gizi, Kesehatan Dan Produktivitas Kerja. Jakarta; PT Rineka Cipta
  • (9) Kurniadi, Titus K. 2006. Kalau Bisa Sehat Kenapa Harus Sakit. Jakarta: Puspa Swara