Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
B9-AUD
Deskripsi:
Capaian Pembelajaran
Menguasai konsep rasional dan tujuan sosioantropologi dalam mempelajari masyarakat dan kebudayaan
Menguasai peristiwa, fakta, konsep dan teori tentang masyarakat
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Menguasai konsep lembaga, interaksi, dan norma masyarakat dan kebudayaan
Terampil melakukan penyelesaian masalah sosial dan kebudayaan dalam pengembangan PAUD
Terampil menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, serta inovatif dalam memaknai pendidikan sebagai proses sosiologis dan antropologis
Menguasai teori sosiologis antropologis perkembangan kebudayaan masyarakat
Menguasai pengetahuan sosio antropologi untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini
UTS
UAS
Toen Lioe dkk. 2016. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Refika AditamaDharmamulya, S. 2004. Permainan Tradisional Jawa. Jogjakarta: Kepel Press.
Mulyana, D. dan Rakhmat, J. 2003. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Rosda Karya.
Tilaar, 2004. Multikulturalisme. Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta:
-----, 2004. Multicultural in South Asia and Indonesia, Jakarta: Jurnal Antropologi UI
Ruminiati.2007. Sosioantropologi Pendidikan SD. Jakarta: Ditjen Dikti
Susan, N. 2009. Sosiologi Konflik.Isu-Isu Konflik Kontemporer. Jakarta: Kencana
Sunario, Astrid S.S. 1999. Masyarakat Indonesia Memasuki Abad ke Dua Puluh Satu. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Pengajar: Suryadi FIP