Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
C9-AUD
Deskripsi:

Capaian Pembelajaran
  •   Menguasai konsep rasional dan tujuan sosioantropologi dalam mempelajari masyarakat dan kebudayaan

  • Menguasai peristiwa, fakta, konsep dan teori tentang masyarakat

  •  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

  • Menguasai konsep lembaga, interaksi, dan norma masyarakat dan kebudayaan

  • Terampil melakukan penyelesaian masalah sosial dan kebudayaan dalam pengembangan PAUD

  • Terampil menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, serta inovatif dalam memaknai   pendidikan sebagai proses sosiologis dan antropologis

  • Menguasai teori  sosiologis antropologis perkembangan kebudayaan masyarakat

  • Menguasai pengetahuan sosio antropologi untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:

  • Toen Lioe dkk. 2016. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

  • Dharmamulya, S. 2004. Permainan Tradisional Jawa. Jogjakarta: Kepel Press.

  • Mulyana, D. dan Rakhmat, J. 2003. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Rosda Karya.

  • Tilaar, 2004. Multikulturalisme. Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta:

  • -----, 2004. Multicultural in South Asia and Indonesia, Jakarta: Jurnal Antropologi UI

  • Ruminiati.2007. Sosioantropologi Pendidikan SD. Jakarta: Ditjen Dikti

  • Susan, N. 2009. Sosiologi Konflik.Isu-Isu Konflik Kontemporer. Jakarta: Kencana

  • Sunario, Astrid S.S. 1999. Masyarakat Indonesia Memasuki Abad ke Dua Puluh Satu. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan