Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
LL-LL
Deskripsi:
Matakuliah ini membekali
mahasiswa:(1) memiliki wawasan, pengetahuan dan kompetensi dalam mempersiapkan
dan merancang strategi yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dan
mengelola semua perangkat pembelajaran yang berbasis TIK menggunakan media
komputer dan hardware yang lain; (2) memiliki kompetensi berbagai pendekatan
pembelajaran dan model pembelajaran inovatif dengan berbagai karakteristik dan
dapat mengimplementasikannya dalam pembelajaran; (3) memiliki kompetensi
mengajar berbasis Lesson Study sebagai bekal memasuki dunia kerja di bidang
pendidikan yaitu di SMK
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang perbedaan pendekatan, strategi, model, metode, teknik, dan taktik pembelajaran dalam bidang pemasaran dan bisnis.
Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan berbagai pendekatan pembelajaran inovatif dan karakteristiknya bidang pemasaran dan bisnis
Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan berbagai pendekatan pembelajaran tradisional dan karakteristiknya bidang pemasaran dan bisnis
Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan pendekatan pembelajaran Lesson Study dan karakteristiknya bidang pemasaran dan bisnis
Mahasiswa memiliki keterampilan dalam memilih pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan bidang pemasaran dan bisnis dan mempraktekanya
Rusman. 2014.Model-model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Callahan, J.F., Clark, L.H., and Kollough, R.D. 1992. Teaching in the Midle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company
Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC
Kemendikbud, 2013. Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta
UPT PPL. 2006. Pengajaran Mikro Berbasis Kompetensi: Kumpulan Materi Pelatihan, disajikan dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengajaran Mikro bagi Para Dosen Universitas Negeri Yogyakarta di UPTPPL Universitas Negeri Mlang, tanggal 26 s.d 29 Juli 2006
Slavin, Robert E. 2002.Cooperative Learning (Theory, Reserch dan Practice), Second Edition
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana
Ambili Remesh. 2013. Microteaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of research in medical sciences
Asril, Zaenal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers
Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan PelaksanaanLengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogyakarta: Diva Press
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Teacher: Rachmad Hidayat