Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mengkaji
mengenai perangkat pembelajaran dalam proses belajar, pembuatan RPP,
pemanfaatan media belajar, sumber-sumber belajar, materi/ bahan ajar,
model-model pembelajaran, dan praktik pembelajaran sosiologi di dalam kelas,
serta evaluasi proses pembelajaran sosiologi.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang pembelajaran yang sesuai dengan amanat kurikulum dan kekhasan mata pelajaran sosiologi.
Mahasiswa mampu mempraktikkan keterampilan mengajar dasar serta mengevaluasi praktik pengajaran yang berlangsung selama mikro teaching.
Mahasiswa dapat mengembangkan kepercayaan diri, meningkatkan daya kreativitas, serta sikap kritis dalam meghadapi tantangan pendidikan masa depan.
Mudlofir, A., dan Rusydiyah, E. F. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
model Pengembangan RPP. 2017. Direktorat Pembinaan SMA
Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). 2017. Direktorat Pembinaan SMA
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran: Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damsar. 2015. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Uno, H. B., dan Koni, S. 2016. Assesment Pembelajaran: Salah satu bagian penting dari pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat diabaikan adalah pelaksanaan penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
PERMENDIKBUD No.22 Tahun 2016 mengenai Standar Proses Pembelajaran
PERMENDIKBUD No. 23 Tahun 2016 mengenai Standar Penilaian
- Teacher: Seli Septiana Pratiwi