Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
KB-KB
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi: (1) konsep dasar pemasaran jasa perpustakaan & lembaga informasi, (2) perkembangan pemasaran, (3) komoditas perpustakaan & lembaga informasi, (4) strategi pemasaran (5) konsep bauran pemasaran (marketing mix) (7) promosi perpustakaan &lembaga informasi (8) konsep bauran promosi (promotion mix) (9) merancang promosi untuk perpustakaan/lembaga informasi
Capaian Pembelajaran
1. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur pemasaran perpustakaan dan lembaga informasi
2. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur promosi perpustakaan dan lembaga informasi
3. Merancang pemasaran untuk perpustakaan & lembaga informasi
1.4 Evaluasi pemasaran perpustakaan dan lembaga informasi
1. AAker, david A.2013. Manajemen Pemasaran Strategis=Strategic Market Management. Jakarta: Salemba Empat
10. Blech, GE & Blech, MA. 2003. Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. Companies:The McGraw-Hill.
11. Mustafa, Badollahi.2012. Materi Pokok Promosi Jasa Perpustakaan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
2. Tjiptono, Fandi. 2014. Pemasaran Jasa: Proinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi.
3. ALA, ACRL, 3M Library System. Strategic Marketing for Academic and Resource Library. Campaigh American Libraries
4. Kotler, Philip . 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran I. Ed. 8. Jakarta : Penerbit Erlanga
5. --- . 2010. Marketing 3.0: Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Hman Spirit. Jakarta: Penerbit Erlangga
6. Qalyubi, Syihabuddin, dkk. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab, UIN Sunan Kalijaga.
7. Von, vorgelegt & Claudia Jung. 2003.Marketing strategies for academic libraries. Hannover: Fachhochschul
8. Hermawan, Agus. (2012).Komunikasi Pemasaran.Jakarta: Erlangga.
9. Pudjiastuti, Wahyu. 2016. Social Marketing: Strategi Jitu Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
- Teacher: Sokhibul Ansor