Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
A5F-SD3
Deskripsi:
Konsep, fungsi-fungsi, dan masyarakat bahasa Indonesia; fonologi, lambang tata bunyi, morfologi bahasa Indonesia; semantik, wacana bahasa Indonesia; kamus bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis konsep, fungsi, dan masyarakat bahasa Indonesia dalam berbagai konteks secara logis, kritis dan komunikatif
  • Menguasai tata tingkat kebahasaan dan kaidah penerapannya sesuai EYD bahasa Indonesia secara sistematis, kreatif, dan komunikatif.
  • Menguasai keterampilan berbahasa dan kegiatan literasi dalam berbagai wacana bahasa Indonesia secara kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
Daftar Pustaka:
  • Clark, Eve V. 2016. First Language Acquisition. New York: Cambridge University Press
  • Soedjito, Djoko Saryono. 2014. Morfologi Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media
  • Thompkins, G. E. 2010. Third Edition Literacy in The Early grades. United States of America: Pearson Education
  • Dardjowidjodjo, S. 2012. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
  • Fahrurrozi., Wicaksono, Andri., 2016. Sekilas Tentang Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca
  • Harsiati, Titik., Trianto, Agus., & Kosasih, E. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud
  • Kemendikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta : Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa
  • Krissandi, Apri D S., Widharyanto, B., Dewi, Rishe P. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Penerbit Media Maxima
  • Mahsun, M.S. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers
  • Roskos, Kathleen A. 2015. Play and Literacy in Early Childhood. New York: Routledge
  • Rumidjan. 2015. Dasar Keilmuan Bahasa Indonesia. Malang : Universitas Negeri Malang