Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
R-R
Deskripsi:

Mata kuliah ini tergolong mata kuliah intregratif, karena karakter materinya merupakan penggabungan kemampuan penguasaan materi kuliah sebelumnya untuk diterapkan dalam satu bidang keahlian tertentu yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan. Perkuliahan ini secara umum membahas berbagai tahapan dan aspek dalam studi kelayakan bisnis, serta menganalisis kelayakan suatu rencana bisnis dilihat dari berbagai aspek antara lain: aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan operasi, aspek manajemen, aspek manajemen sumber daya manusia, aspek keuangan, aspek ekonomi, sosial dan politik, aspek hukum dan lingkungan hidup, dan mengevaluasi layak atau tidaknya suatu rencana bisnis berdasarkan kreteria tertentu yang ditetapkan.


Capaian Pembelajaran
  • Mendeskripsikan pengertian dan ruang lingkup studi kelayakan bisnis

  • Dapat membedakan berbagai jenis bisnis yang memerlukan studi kelayakan

  • Mengkaji kelayakan rencana bisnis dari aspek Manajemen Pemasaran, aspek teknis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan

  • Dapat merancang studi kelayakan bisnis berdasarkan aspek-aspek aspek Manajemen Pemasaran, aspek teknis , Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, dan Manajemen Keuangan.

  • Dapat menyusun proposal kelayakan bisnis dari analisis yang dipakai.

Daftar Pustaka:
  • Husein Umar 2010. Studi Kelayakan Bisnis: Tehnik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis secara Komprehensif. Edisi kedua, Jakarta: Gramedia (HU2010)


  • Iman Suharto. 2002. Studi Kelayaka Bisnis, Edisi Revisi, Jakarta: Penerbit Erlangga (IS2002)


  • Suad Husnan dan Suwarsono. 2014. Studi Kelayakan Proyek Bisnis.Edisi Kelima, Yogyakarta: UPP YKPN. (SHS2014)


  • Kasmir dan Jakfar 2012.Studi Kelayakan Bisnis. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Kencana (KJ2012)