Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
O-O
Deskripsi:

Konsep Dasar: Sejarah dan terminology, Sifat Nuklir, Satuan dan Dimensi, Mekanika Kuantum: Sistem 1D, 3 Sistem 3D, Momemtum Anguler, Paritas; Sifat Inti: Radius Inti, Massa dan ukuran inti, energi ikat inti, Momentum anguler inti dan paritas, Momen elektromagnetik inti, keadaan tereksitasi inti; Gaya Inti: Deuteron, hamburan nukeon-nukleon, interaksi proton-proton dan netron-netron, Sifat gaya inti, Model pertukaran gaya; Model Inti; 1Model kulit, 2 Inti dengan jumlah Z-genap dan N-genap, 3 serta struktrut gabungan, 4model inti riil; Peluruhan Radioaktif: 1Hukum Peluruhan Radioaktif, 2Teori kuantum peluruhan radioaktif, 3Produksi dan peluruhan radioaktif, 4 Pertumbuhan aktivitas turunan, 5Tipe-tipe peluruhan, 6Radioaktivitas alami, 7Dating Radioaktivitas, 8Satuan dan Pengukuran Radioaktivitas, Deteksi Radiasi Inti: 1Interaksi radiasi dan materi, 2 Pencacah gas, sintilasi dan semikonduktor, 3 statistika pencacahan, 4 Pengukuran energi; Radiasi Alfa, Beta dan Gamma: Proses tercipta alfa, sistematika dan teori emisi alfa, momentum anguler dan paritas partikel alfa, 2 Pancaran aenergi beta, momentum anguler dan paritas beta, neutrino, tak-kekalan paritas, 3 Energi Sinar Gamma, momentum anguler dan paritas gamma, Nuclear aresonance Fluoresence and Mosbauer Effect; Reaksi Inti: tipe reaksi dan hukum konservasi, 2Energetics of Nuclear Reaction, 3 Isospin, 4 Tampang Lintang reaksi, 5 Teknik eksperimen, 6. Hamburan Coulomb, 7 Hamburan inti, 8 tampang lintang hamburan dan reaksi, 9 reaksi inti gabungan, 10 Reaksi langsung, 11 resonansi dan ion-berat; Reaksi Fusi dan Fisi: Fisi Nuklir, struktur inti dan fusi, Pengontrolan reaksi Fisi, Reaktor Fisi, 2. Fusi Nuklir, fusi pada Matahari, Pengontrolan reaksi Fusi, Senjata Termonuklir, Akselerator: Akselerator elektrostatis, 2. Akselerator cyclotron, 3. Akselerator sinklotron, 4 Akselerator Colliding-Beam; Pengenal Fisika Partikel: Empat Interaksi Dasar, Simetri dan hukum konservasi, Model kuark, warna Kuark dan Gluon, Grand Unified Theory.



Capaian Pembelajaran
  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep Konsep Dasar Fisika dan Mekanika Kuantum, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.

  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep Fisika Inti tentang Sifat,Gaya, dan Model Inti, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.

  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep Fisika Inti tentang Peluruhan Radioaktif, Deteksi Radiasi Inti, dan Radiasi Alfa Betta Gamma, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.

  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep Reaksi inti dan Reaksi Fusi dan Fisi, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.

  • Peserta menunjukkan penguasaan konsep Akselerator dan mengenal Fisika Partikel, kemampuan menemukan dan menganalisis solusi bagi suatu system fisis standar, dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat untuk menjawab permasalahan dari sistem fisis tersebut.

Daftar Pustaka:
  • Kenneth Krane. 1988. Introduction to Nuclear Physics 2nd ed. John Willey and Sons

  • Samuel wong. 2004. Introductory Nuclear Physics 2nd ed. Willey-VCH. Weinheim

  • Arthur Beiser. 2003. Modern Physics Concept 6th ed. McGraw Hill. USA

  • Kenneth Krane. 2012. Modern Physics. INC. 3rd ed, John Willey & Sons, USA.