Tahun Akademik:
Genap 2020/2021
Kelas-Offr:
P9-P9
Deskripsi:

Membahas konsep dasar etika profesi keguruan dan profesionalisme guru; berbagai perundangan terkait dengan jabatan guru, beban kerja guru dan sertifikasi profesi guru; konsep dan prosedur pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk keguruan; jenis-jenis kompetensi guru yang meliputi kompetensi profesional, pedagogis, social, dan kepribadian, dan konsep implementasi continuous improvement sebagai upaya peningkatan kompetensi guru. Mahasiswa melakukan eksplorasi ke sekolah dan selanjutnya berdiskusi untuk menganalisis permasalahan dan menemukan alternatif solusi kasus etika dalam kaitannya dengan profesi guru.


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dasar etika profesi keguruan dan profesionalisme guru

  • Menguasai berbagai perundangan terkait dengan jabatan guru, beban kerja guru dan sertifikasi profesi guru

  • Menguasai konsep dan prosedur pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk keguruan

  • Menguasai jenis-jenis kompetensi guru yang meliputi kompetensi profesional, pedagogis, sosial, dan kepribadian.

  • Menguasai konsep implementasi continuous improvement sebagai upaya peningkatan kompetensi guru

  • Menganalisis permasalahan dan menemukan alternatif solusi kasus etika dalam kaitannya dengan profesi guru

Daftar Pustaka:
  • Koehn, Daryl. 1994. Landasan Etika Profesi (terjemahan oleh Agus M. Haedjana. 2000). Yogyakarta: Kanisius.

  • Soetjipto dan Kosasi, Raflis. 1999. Profesi keguruan. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikbud dan Rineka Cipta.

  • Strike, K.A & Soltis, J.F 2003. Etika Profesi Kependidikan (terjemahan F. Sinaradi).. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Darma.

  • Nurhuda, & Baskara, A. 2017. Etika Profesi Guru. Yogyakarta:Pendidikan Deepublish.

  • Dreon, O & Polly, D. 2017. Teacher Education for Ethical Professional Practice in the 21st Century. DOI: 10.4018/978-1-5225-1668-2

  • Kebijakan dan perundang-undangan tentang guru, beban kerja guru dan sertifikasi profesi guru dari Pemerintah Indonesia